SOLOPOS.COM - TERBAKAR -- Warga memeriksa kios di Pasar Cinderamata, Alun-alun Utara Keraton Solo setelah terjadi kebakaran di lokasi itu, Minggu (15/5). (JIBI/SOLOPOS/Rudy Hartono)

Solo (Solopos.com) – Diduga karena hubungan pendek arus listrik, dua unit kios di Blok AA Pasar Cinderamata di kawasan Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta, terbakar, Minggu (15/5) pukul 08.30 WIB. Akibat kejadian itu, pemilik kios mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

TERBAKAR -- Warga memeriksa kios di Pasar Cinderamata, Alun-alun Utara Keraton Solo setelah terjadi kebakaran di lokasi itu, Minggu (15/5). (JIBI/SOLOPOS/Rudy Hartono)

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Kios yang terbakar adalah milik Yayuk, 43, yang digunakan sebagai gudang pakaian. Saat kejadian, kios sedang tutup. Kejadian kali pertama diketahui oleh tukang becak Suwarto, 39, yang kebetulan melintas di dekat lokasi.

Saat ditemui wartawan, Suwarto, mengatakan awalnya ia melihat kepulan asap di atas kios. Kaget melihat hal itu, ia spontan berteriak kebakaran. Ia bersama warga sekitar segera menuju ke lokasi kebakaran. Di lokasi, Suwarto melihat api muncul dari rangkaian kabel yang berada di belakang kios bernomor AA5. Api dengan cepat merambat, karena sebagian besar dinding kios terbuat dari tripleks. Warga berusaha memadamkan dengan air seadanya. Berselang beberapa menit api berhasil dipadamkan. “Kelihatannya api timbul akibat percikan korsleting kabel itu,” ujarnya.

Namun, sekitar 15 menit kemudian, tanpa diduga kepulan asap kembali muncul dari atap kios yang sama. Warga yang melihat kembali berusaha memadamkan api. Ternyata api merambat ke kios AA5. Diduga api muncul dari bara tripleks yang belum padam. Api dengan cepat membakar sejumlah pakaian di dalam kios. Warga tidak berhasil memadamkan api, karena api semakin lama membesar. “Lantas warga meminta bantuan pemadam kebakaran,” lanjut Suwarto.

Sementara itu, pemilik kios AA5, Yayuk, kaget mendengar kabar itu. Saat peristiwa terjadi, saat itu ia sedang berdagang di Pasar Klewer. Ia mengaku mengalami kerugian mencapai jutaan rupiah.

m93

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya