Warga mengecek kandang di Jatipurno, Wonogiri, yang terbakar, Minggu (15/9/2019) dini hari. (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI -- Satu ekor kambing terpanggang dalam dua kejadian kebakaran kandang ternak di Jatipurno, Wonogiri, Sabtu dan Minggu (14-15/9/2019).

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, kepada wartawan, Minggu, menginformasikan kandang ternak yang pertama terbakar milik Parman, 52, warga Balepanjang RT 001/RW 001, Desa Balepanjang, Sabtu pukul 22.30 WIB.

Api dapat dipadamkan pukul 23.30 WIB. Warga mengetahui kandang sapi milik Parman terbakar ketika api sudah besar. Warga bergotong royong memadamkan api dengan sarana seadanya.

Namun, api merambat dengan cepat hingga menghanguskan seluruh bagian kandang. Saat itu tidak ada sapi atau ternak lainnya di kandang. Api bahkan sempat merambat ke dapur rumah yang letaknya berimpitan dengan kandang.

Beruntung, api dapat dipadamkan sebelum membesar dan membakar dapur rumah. Diduga api muncul saat terjadi korsleting listrik di kandang. Lalu api membakar tumpukan jerami dan merambat ke bagian lain.

“Kerugian material yang diderita pemilik kandang lebih kurang Rp8 juta,” kata Bambang.

Berselang lebih kurang dua jam kebakaran kandang ternak kembali terjadi. Kali itu menimpa kandang milik Wardoyo, warga Ngleses RT 001/RW 005, Girimulyo. Api menghanguskan seluruh bagian kandang.

Satu ekor kambang mati terbakar sementara dua ekor sapi dapat diselamatkan. Kedua sapi itu hanya mengalami luka bakar. Kerugian material ditaksir mencapai Rp12 juta.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten