SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dua harimau koleksi Bonbin Mangkang alias Semarang Zoo dilaporkan lepas dari kandang dan berkeliaran di sekitar kawasan kebun binatang di ibu kota Jawa Tengah tersebut, Rabu (5/12/2018).

Kepala Balai KonservasiSumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Suharman dalam keterangan yang diterima Semarangpos.com mengatakan pihaknya dimintai bantuan oleh Hendrik Tri Setiawan, dokter hewan di kebun binatang tersebut, Rabu pagi, pukul 08.38 WIB. “Laporan masuk sepasang harimau jantan dan betina lepas dari kandang,” katanya.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

Koordinator Polisi Hutan BKSDA Jateng Heru Sunarko beserta beberapa rimbawan segera mendatangi Semarang Zoo berbekal senjata bius. Dengan dibantu aparat Polsek Tugu, petugas BKSDA segera melakukan sterilisasi demi memastikan kebun binatang itu telah kosong dari pengunjung.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan koordinasi dengan pawang setempat, lalu diketahui harimau jantan balik sendiri ke kandangnya, namun tidak demikian dengan yang betina. Setelah dicari, ternyata harimau betina itu ngumpet di gorong-gorong bawah jembatan. Dengan memanfaatkan bekas pintu besi, kedua lubang gorong-gorong ditutup, namun sang harimau berhasil menerjang keluar.

Upaya pun diulang kembali. “Setelah berhasil menjebak harimau dengan menutup kembali dua lubang gorong-gorong tersebut, dokter hewan Hendrik membius satwa dengan tulup. Tiga kali tembakan, yang kena dua. Dan akhirnya, setelah obat bius bekerja dan satwa tertidur, selanjutnya ditandu dan dimasukkan kembali ke kandang,” papar Suharman.

Pegawai Bonbin Mangkang alias Semarang Zoo menandu harimau benggala betina yang pingsan setelah ditulup bius, Rabu (5/12/2018). (Semarangpos.com-BKSDA)

Kasubag Humas Polrestabes Semarang Kompol Baihaqi mengakui kedua harimau tersebut berhasil ditangkap kembali dengan bantuan petugas BKSDA Jawa Tengah dan aparat Polsek Ngaliyan, Kota Semarang. “Berhasil ditangkap dan dimasukkan kandang kembali. Petugas menggunakan senapan bius untuk menangkap kedua satwa tersebut,” uajrnya.

Direktur Utama Semarang Zoo, Samsul Siregar, ketika dimintai konfirmasi belum bisa menjelaskan penyebab lepasnya kedua satwa buas itu dari kandang mereka.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya