SOLOPOS.COM - Gunung Merapi saat menyemburkan asap solfatara (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO– Dua gunung meletus di Indonesia, Gunung Sinabung Medan dan Gunung Merapi DIY. Meletusnya dua gunung tersebut menjadi pemberitaan internasional. Meletusnya 2 Gunung berapi di Indonesia menjadi pemberitaan Internasional. Gunung Sinabung di Medan, Sumatera Utara dan Gunung Merapi di Yogyakarta memang menjadi salah satu gunung yang teraktif di Indonesia.

Musibah tersebut mendapatkan perhatian dari media Internasional Amerika Serikat, Huffington Post yang dirilis pada Minggu, (17/11/2013). Dalam situs berita online terkemuka di Amerika Serikat tersebut diberitakan musibah ini telah mengganggu penerbangan yang ada di wilayah tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gunung Sinabung mengeluarkan abu vulkanik selama beberapa hari dengan intensitas yang berbeda, terakhir terlihat abu vulkanik meluncur dengan tinggi sekitar 8.000 meter.

Ekspedisi Mudik 2024

Pemerintah meningkatkan status siaga II Sinabung sejak letusan yang terjadi pada awal bulan ini. Lebih dari 6000 warga yang tinggal di kawasan lereng telah dievakuasi.

Tak hanya Sinabung, Gunung Merapi yang meletus pada Senin, (18/11/2013) juga tak luput dari pemberitaan. Gunung teraktif di Jawa Tengah ini memuntahkan abu vulkanik setinggi 2000 meter hingga menyebabkan beberapa kota terkena abu vulkanik.

Sebagi penutup dalam tulisannya, Huffington Post menambahkan bahwa Indonesia memang terletak di kawasan pasifik Ring of Fire yang memiliki 129 gunung berapi yang aktif, sehingga rentan terhadap gejolak seismik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya