Tutup Iklan

2 Fly Over di Solo Dibangun Tahun Depan

2 Fly Over di Solo Dibangun Tahun Depan

SOLOPOS.COM - Lengangnya kawasan Flyover Palur saat Lebaran 2015, Jumat (17/7/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Dua fly over akan dibangun di Solo tahun depan.

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan dua proyek pembangunan fly over akan dibangun tahun depan. Kedua fly over masing-masing persimpangan sebidang Manahan dan Purwosari bakal dibiayai APBN dan APBD.

Kepastian tersebut disampaikan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo setelah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU dan PR) di Jakarta belum lama ini ketika dijumpai wartawan di sela-sela Doa Bersama Umat Budha di Hotel Alila, Minggu (2/10/2016). “Fly over tidak bisa dibangun sekaligus, nanti persimpangan Agas Manahan dulu yang akan dibangun,” katanya.

Rudy menuturkan fly over dibangun dipersimpangan sebidang Manahan lebih dulu karena dinilai lebih mendesak. Nantinya, pembangunan fly over Agas tidak sepenuhnya dibiayai pemerintah pusat, melainkan juga dibiayai Pemkot Solo melalui APBD 2017. Rudy mengatakan masih menghitung anggarannya.

Sesuai rencana penyusunan detail engineeering design (DED) akan dibuat pada tahun ini. “Kalau DED sudah ada nanti kita tahu berapa kebutuhan anggarannya. Kalau sekarang belum bisa dihitung kebutuhan dananya,” kata dia.

Rudy memastikan dalam pembangunan fly over tidak akan memakan lahan milik warga. Sehingga tidak ada pembebasan lahan. Sebelum melaksanakan pembangunan, kata dia, tentu akan dilakukan pengukuran lahan guna memastikan eksisting di kawasan tersebut. “Kami targetkan fly over bisa selesai enam bulan atau maksimal setahun,” katanya.

Sementara itu, untuk persimpangan sebidang Purwosari, Rudy menjelaskan anggaran pembangunan sepenuhnya ditanggung pemerintah pusat, termasuk penyusunan DED yang dikerjakan Pemerintah Pusat. Dalam waktu dekat, Rudy mengatakan Pemkot akan menyosialisasikan kepada warga setempat.

Sosialisasi dikerjakan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait rencana pembangunan fly over. Rudy menilai pembangunan fly over baik Manahan maupun Purwosari mendesak direalisasikan. Hal ini diharapkan mampu mengurai kepadatan lalu lintas di kawasan tersebut.

“Bukannya mengesampingkan perlintasan sebidang lain yang sebenarnya juga mendesak dibangun fly over. Tapi paling prioritas adalah Manahan dan Purwosari, karena jalur utama,” kata Rudy.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajat mengemukakan volume kendaraan di Kota Solo mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Akibatnya terjadi kepadatan lalu lintas di sejumlah lokasi. Salah satunya lokasi kepadatan lalu lintas terjadi di persimpangan sebidang atau perlintasan kereta api, di antaranya perlintasan Purwosari, Badran atau Manahan, Pasar Nongko, Pasar Ledoksari, Palang Joglo dan Viaduk Gilingan. Menurutnya, upaya efektif mengurai kemacetan lalu lintas dengan membangun fly over.

“Proyek ini tidak bisa dikerjakan Pemkot. Karena dananya sangat besar, sehingga harus dibantu melalui APBN. Kami berharap APBN bisa mengucurkan bantuan untuk itu,” harapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.

Nongkrong Berkerumun di Klaten, Siap-Siap Jadi Sasaran Swab Antigen

Pemkab Klaten akan melakukan tes swab antigen terhadap warga yang ketahuan nongkrong berkerumun dan melewati batas jam malam.

Fascino 125, Skutik Berfitur Hybrid dari Yamaha

Pabrikan sepeda motor Yamaha mengeluarkan sepeda motor skuter matik berfitur hybrid pada Fascino 125.

Ikut Rewangan Akikahan, 8 Keluarga di Purbayan Baki Sukoharjo Kena Covid-19

Delapan keluarga di satu perumahan di kawasan Purbayan, Baki, Sukoharjo, terpapar Covid-19 setelah ikut rewangan akikah.

Ketua GP Ansor Solo Dukung Gibran Tutup Lokasi Pendidikan Anak-Anak Pelaku Perusakan Makam

Ketua GP Ansor Solo, Arif Syarifuddin, menyayangkan aksi perusakan makam yang dilakukan oleh anak-anak seusia sekolah dasar.

Tepeng Steven and Coconut Treez Dimakamkan, Instagram Banjir Ucapan Duka

Sebelum dimakamkan, diketahui Tepeng Steven and Coconut Treez itu berjuang melawan corona.

Jangan Kecele! Tempat Wisata di Boyolali Tutup Sepekan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali menutup semua tempat wisata di wilayah Boyolali selama sepekan mulai Selasa (22/6/2021).