SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Dua event pariwisata Kabupaten Kudus yang berlangsung sejak belasan tahun lalu mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jateng dengan dimasukkan ke dalam Festival Pusaka Jateng yang merupakan kalender kegiatan wisata provinsi itu 2019 ini.

“Kedua atraksi wisata tersebut adalah tradisi Ampyang Maulid di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, dan tradisi Kirab Jenang Tebokan di Desa Kaliputu, Kecamatan Kota,” kata Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Wahyu Haryanti di Kudus, Jawa Tengah, Senin (2/9/2019).

Promosi BRI Perkuat Komitmen untuk Sustainable Finance di Indonesia, Ini Buktinya

Dia mengungkapkan sebagai bukti kedua atraksi wisata tersebut dimasukkan ke dalam Festival Pusaka Jateng, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng mengeluarkan surat keputusan. Surat keputusan tersebut bernomor 556/250 tahun 2019 tentang Penetapan Festival Pusaka Jateng Sebagai Calender of Events Jateng Tahun 2019 yang menyebutkan di Kabupaten Kudus ada dua atraksi wisata yang termasuk dalam Festival Pusaka Jateng.

Wahyu menjelaskan Kirab Jenang Tebokan berlangsung sejak 15 tahun lalu sehingga menjadi wujud dari gotong-royong dan guyubnya masyarakat Desa Kaliputu beserta tokoh masyarakat beserta pemerintah desa. “Penghargaan tidak hanya dari Pemprov Jateng, Pemkab Kudus juga memberikan apresiasi yang sama,” ujarnya.

Dengan adanya kesempatan tersebut, kata Wahyu, nantinya ketika ada kegiatan di tingkat Jateng akan dilakukan seleksi. Ketika memenuhi persyaratan, mereka bisa tampil di Festival Pusaka Jateng dengan biaya mandiri.

Dia menambahkan salah satu syarat atraksi wisata bisa masuk ke dalam kalender event Jateng, sudah membentuk badan usaha milik desa (BUM-Des) yang nantinya bisa mengelola potensi wisata dan ekonomi di daerahnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya