Rumah di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019), rusak diterjang angin kencang. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Dua desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019), dilanda puting beliung yang mengakibatkan puluhan rumah di desa tersebut mengalami kerusakan secara bervariasi. Sebelumnya angin lesus juga melanda dua desa lainnya.

"Kedua desa yang dilanda puting beliung, yakni di Desa Temulus, Kecamatan Mejobo dan Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bergas Kudus Catursasi Penanggungan di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019).

Berdasarkan data sementara, kata dia, jumlah rumah rusak di Desa Temulus sebanyak 41 rumah, sedangkan Desa Karangrowo sebanyak delapan rumah. Mayoritas kerusakannya, berupa genteng rumah yang berjatuhan karena diterjang angin kencang sehingga warga membutuhkan genteng pengganti dengan jumlah bervariasi.

"Ada pula rumah warga yang mengalami kerusakan hingga bagian reng dan usuknya yang patah akibat kencangnya tiupan angin," ujarnya.

Peristiwa angin puting beliung itu, untuk Desa Temulus terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan di Desa Karangrowo terjadi pukul 16.00 WIB.

Ia meminta masyarakat untuk mewaspadai ancaman puting beliung karena pengalaman sebelumnya, setiap pergantian musim dari musim panas menuju musim hujan sering kali terjadi puting beliung.

Kasus sebelumnya juga melanda Desa Glagah Waru dan Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus pada Jumat (9/11/2019) pukul 17.30 WIB. Akibat peristiwa puting beliung tersebut, terdapat 16 rumah warga di dua desa mengalami kerusakan secara bervariasi dengan dominasi kerusakan pada bagian atap karena gentengnya terjatuh akibat diterjang angin kencang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten