Genangan banjir di Desa Sumbersari, Kecamatna Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020). (Antara-BPBD Jepara)

Solopos.com, JEPARA — Dua desa di Kecamatan Keling dan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Jumat (10/1/2020), dilanda banjir bandang hingga mengakibatkan puluhan rumah terdampak dan ada satu jembatan desa yang ambrol akibat tergerus air, menyusul curah hujan tinggi.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Nor Isdiyanto di Jepara, Jumat, banjir bandang di Desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo terjadi Jumat pukul 07.30 WIB, kemudian pukul 10.00 WIB airnya sudah mulai surut.

Banjir bandang yang terjadi di Dukuh Tempur tersebut disebabkan karena banjir kiriman menyusul limpasan air sungai setempat yang tidak mampu menampung debit air menyusul curah hujan yang cukup tinggi. Akibat banjir tersebut, kata dia, sekitar 73 keluarga tergenang banjir, termasuk sekolah dasar di desa setempat.

"Informasi sementara tidak ada kerusakan rumah atau fasilitas umum meskipun ketinggian genangan juga bervariasi," ujarnya.

Kondisi berbeda, lanjut dia, terjadi di Desa Tempur, Kecamatan Keling, akibat curah hujan tinggi mengakibatkan jembatan di desa setempat tergerus air dan ambrol. Informasinya, kata dia, jembatan tersebut dibangun dengan dana desa sehingga perbaikannya juga dimungkinkan bisa dilakukan pemerintah desa setempat.

Ia mengimbau masyarakat yang berada di daerah rawan bencana alam untuk tetap waspada guna meminimalkan dampak yang mungkin terjadi. Pada tahun 2018, Desa Sumberejo tercatat lima kali dilanda banjir bandang dalam waktu sepekan yang disebabkan karena meluapnya air Sungai Tempur yang merupakan pertemuan tiga sungai.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten