Ilustrasi kampanye (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo telah menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas terkait kampanye rapat umum terbuka calon presiden (capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) maupun capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, di Kota Bengawan, Selasa dan Rabu (9-10/4/2019).

Kedua capres sama-sama akan melaksanakan kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo. Jokowi akan berkampanye pada Selasa, sedangkan Prabowo pada Rabu.

Rencana drop off (penurunan dari kendaraan) peserta kampanye rapat umum terbuka di kawasan Stadion Sriwedari hanya diizinkan sebelum pukul 13.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB peserta kampanye rapat umum harus berjalan kaki menuju lokasi kegiatan.

Kepala Bidang Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Solo, M. Usman, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya Senin (8/4/2019) sore mengatakan massa yang datang setelah pukul 13.00 akan diarahkan oleh petugas Dishub untuk turun di lokasi yang telah ditentukan sebelum kendaraan masuk ke kantong parkir.

“Lokasi penurunan massa di kawasan Stadion Manahan, Jl. Hasanudin kawasan Hotel Agas, dan kawasan Gemblegan. Sementara lokasi parkir kendaraan di kawasan Stadion Manahan, Jl. Sam Ratulangi, Menteri Supeno, Pasar Depok, Terminal Tirtonadi, Kawasan Pasar Nongko, Benteng Vastenburg, Lapangan Penumping, Jl. Slamet Riyadi, dan Jl. dr. Radjiman,” ujarnya.

Ia menambahkan lokasi yang ditentukan cukup menampung massa yang akan datang apabila tertib sesuai aturan yang dibuat. Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan Jl. Bhayangkara atau sebelah barat Stadion Sriwedari akan ditutup mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB.

“Dari Simpang Tiga Sriwedari hingga ke Simpang Empat Museum Keris ditutup. Rencananya ada kirab dari Lapangan Kota Barat ke Sriwedari, untuk penutupan jalan saat kirab situasional saja, ketika kirab melintas ruas jalan lain akan ditutup, setelah kirab lewat dibuka kembali,” ujarnya.

Menurutnya, tidak ada perubahan manajemen rekayasa lalu lintas, hanya penyesuaian di lapangan. Perkiraan massa yang datang mencapai seratusan ribu orang sehingga saat massa datang petugas di lapangan akan mengarahkan ke lokasi parkir dan drop off zone yang paling efektif.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Imam Safii, mengatakan telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Solo berkaitan dengan lalu lintas. Ia mengimbau masyarakat untuk menghindari Jl. Slamet Riyadi karena akan ada kepadatan lalu lintas.

Pengalihan arus lalu lintas situasional telah disiapkan di simpang-simpang yang mengarah ke kawasan Stadion Sriwedari.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten