SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA— PT Wijaya Karya Tbk. dan PT Waskita Karya Tbk. menjadi pemenang lelang proyek konstruksi bendungan di Jawa Tengah dengan total nilai harga penawaran yang diajukan mencapai Rp1,82 triliun.

Berdasarkan laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, PT Wijaya Karya Tbk. (Wika) memenangi lelang proyek Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah dengan harga penawaran Rp858,79 miliar atau di bawah harga perkiraan sendiri (HPS) proyek senilai Rp885,70 miliar.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Dalam proyek itu, WIKA menyisihkan dua kompetitor yang sebelumnya lulus dalam tahapan prakualifikasi, yakni PT Brantas Abipraya (Persero) dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. Secara total, sebanyak 172 peserta berpartisipasi dalam lelang proyek ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Iya betul, kami memenangi lelang proyek Bendungan Randugunting,” kata Direktur Operasi I Wika Agung Budi Waskito kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Senin (29/10/2018).

Sementara itu, PT Waskita Karya Tbk. (WSKT) memenangi lelang pembangunan proyek Bendungan Jlantah di Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah dengan harga penawaran Rp965,20 miliar, terkoreksi dari HPS senilai Rp996,33 miliar. WSKT berhasil menyisihkan dua BUMN yang juga lulus prakualifikasi proyek tersebut, yakni Brantas Abipraya dan WIKA. Total partisipan dalam lelang proyek ini mencapai 80%.

Bendungan Randugunting rencananya memiliki kapasitas sebesar 10,40 juta meter kubik dan diharapkan dapat mengairi lahan seluas 1.990 ha, serta menyediakan pasokan air baku sebesar 0,13 m3/detik.

Sementara itu, Bendungan Jlantah akan memiliki kapasitas 8,3 juta meter kubik. Bendungan ini nantinya memiliki manfaat peningkatan intensitas tanam irigasi yang sudah ada seluas 805 ha, irigasi baru 688 hektare, air baku 150 liter per detik, dan pembangkit listrik tenaga mikrohidro 625 kilowatt.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya