2 Bulan Karantina, OTG Covid-19 Sidoharjo Sragen Khatam Alquran 2,5 Kali
Ilustrasi tes virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN -- Sunarso, 58, warga Dukuh Gebung, RT 24, Desa Patihan, Sidoharjo, Sragen, berstatus OTG positif Covid-19 akhirnya dinyatakan sembuh, Minggu (28/6/2020).

Selama dua bulan lebih satu hari Sunarso menjalani karantina di kompleks Gedung Technopark Ganesha Sukowati Sragen. Selama itu, Sunarso yang berstatus orang tanpa gejala (OTG) dites swab sebanyak 11 kali.

Sunarso bersama empat warga lain yang juga berstatus orang tanpa gejala (OTG) dipulangkan dari Technopark oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, dr Hargiyanto.

Rekomendasi Cawali-Cawawali Dari DPP PDIP Untuk Pilkada Solo Turun Juli?

Masa karantina yang dijalani OTG asal Sidoharjo, Sragen, itu hingga sembuh dari Covid-19 tergolong lama. Sepulang dari mengikuti Ijtima Ulama Dunia 2020 Zona Asia di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sunarso langsung dijemput untuk menjalani karantina.

Sunarso merupakan menantu dari Cipto Sungkono, 71, yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 pada 29 April lalu.

“Selama dua bulan satu hari di sini, saya khatam Alquran sebanyak 2,5 kali. Selama di sini, saya memperbanyak ibadah dan berdoa. Kalau pagi berjemur, olahraga, lari-lari. Kalau jenuh saya ngajak teman ngobrol. Sesekali memancing ikan,” ucap Sunarso kala berbincang dengan wartawan di lokasi.

Warga Serengan Solo Digegerkan Temuan Mayat Sudah Membusuk

Dalam kurun waktu dua bulan itu, Sunarso sudah menjalani 11 kali tes swab. Pada dua tes swab awal, warga Sidoharjo, Sragen, dinyatakan positif Covid-19 tapi tanpa gejalan alias OTG.

Disambut Ratusan Warga

Pada tes swab berikutnya, hasilnya sempat negatif. Namun, pada tes swab berikutnya kembali positif. “Jadi, beberapa kali tes swab hasilnya negatif, tapi tes berikutnya positif lagi. Itu terjadi berulang-ulang. Baru dua tes swab terakhir itu hasilnya negatif semua,” papar Sunarso.

Pantau Penyaluran Bantuan JPS Covid-19 Dari APBD, Bupati Sukoharjo Ingatkan Soal Ini

Kepulangan Sunarso dijemput Ketua SAR Poldes Sidoharjo, Alfian Rendy Prasetyo. Kedatangan Sunarso di kampung halaman disambut ratusan warga yang berdiri di tepi jalan.

Sesampainya di rumahnya di Sidoharjo, Sragen, OTG yang sembuh dari Covid-19 itu langsung sujud syukur. “Pak Narso sempat berbicara kepada warga. Intinya, dia mengucapkan terima kasih atas dukungan warga dari awal dinyatakan positif corona hingga sembuh,” ucap Alfian.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho