2 Bulan, 12 Dokter di Semarang Meninggal Akibat Covid-19

Sedikitnya 27 dokter di Kota Semarang meninggal terpapar Covid-19 selama pandemi ini.

 Ilustrasi nakes corona. (Detik.com/Getty Images/iStockphoto)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nakes corona. (Detik.com/Getty Images/iStockphoto)

Solopos.com, SEMARANG – Kasus kematian dokter akibat Covid-19 terus bertambah dalam dua bulan terakhir. Bahkan, kasus tersebut juga menimpa dokter yang bekerja di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Semarang menyebutkan dalam kurun dua bulan terakhir, Juni-Juli ada sekitar 12 dokter yang meninggal dunia akibat Covid-19. “Data yang masuk ke kami, atau dilaporkan ke kami, sejak pandemi sudah ada sekitar 27 dokter di Semarang yang meninggal akibat Covid-19. Kasus terbanyak terjadi dalam dua bulan terakhir, yakni Juni hingga Juli, total ada 12 dokter yang meninggal dunia,” ujar Sekretaris IDI Kota Semarang, dr Sigid Kirana, kepada Semarangpos.com, Kamis (5/8/2021).

Sigid mengaku jumlah kematian dokter di Semarang akibat Covid-19 itu bisa saja lebih tinggi. Hal itu dikarenakan ada beberapa kasus yang tidak dilaporkan ke IDI Kota Semarang. “Bisa jadi jumlahnya lebih dari itu [12 kasus], karena banyak yang tidak melaporkan. Tapi, apa pun itu jumlah ini membuat kami prihatin,” tutur Sigid.

Baca Juga: Catat, Nakes di Jateng Terima Vaksin Booster Pekan Ini

Sigid mengatakan mayoritas yang meninggal dunia merupakan dokter yang masih aktif melayani pasien, seperti dokter spesialis maupun dokter umum. Mereka, kemungkinan besar terpapar Covid-19 setelah kontak erat dengan pasien.

“Kalau kasus meningkat otomatis risiko dokter bertemu pasien juga semakin tinggi. Jadi dokter yang terpapar juga semakin banyak. Kemarin kasusnya sempat menurun, tapi naik lagi setelah ada lonjakan kasus,” ujar Sigid.

Sementara itu, terkait data kematian dokter akibat Covid-19 di seluruh Jateng, Sigid mengaku tidak mengetahui secara pasti. Meski demikian, pria yang juga menjabat Sekretaris Tim Mitigasi IDI Jateng itu memprediksi jumlahnya lebih dari 48.

640 Dokter

Sedangkan berdasarkan data yang dirilis Tim Mitigasi IDI pusat, total ada sekitar 640 dokter di Indonesia yang meninggal akibat Covid-19 per 3 Agustus 2021. Kematian dokter di Jateng menyumbang angka terbesar kedua nasional, dengan 96 kasus, di bawah Jatim dengan 140 kasus.

Banyaknya kasus kematian yang dialami dokter ini pun membuat Sigid prihatin. Ia meminta pemerintah untuk lebih serius menangani pandemi Covid-19, terutama dalam mencegah terjadinya kerumunan.

Menurut Sigid, langkah pemerintah melakukan perpanjang PPKM level 4 sangat tepat. Hal itu dikarenakan PPKM sanggup menekan angka mobilitas warga dan mencegah terjadinya kerumunan.

Baca Juga: Bupati Pacitan Lelang Sepatu Kesayangan, Dibuka di Harga Rp500.000 Ditawar Rp4,5 Juta

“Selama ini, kerumunan adalah penyebab terbesar penularan Covid-19. Maka itu saya rasa sangat perlu PPKM diperpanjang. Namun selain itu, pemerintah juga harus menggencarkan tracing dan testing,” terang Sigid.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

KLHK Pantau Keberadaan Macan Tutul di Pegunungan Lasem Rembang

Selain dugaan keberadaan macan tutul, ada pula hewan terancam punah lainnya di Pengunungan Lasem Rembang.

Pemkab Grobogan Fasilitasi Swab Antigen Peserta Tes CPNS

Link pendaftaran swab antigen bagi peserta tes CPNS sudah diunggal melalui akun Instagram BKPPD Grobogan.

Fix! Dokter Cabul di Semarang yang Campurkan Sperma ke Makanan Istri Teman Idap Kelainan Jiwa

Dokter berinisial DP, 31, yang menjadi tersangka kasus asusila karena mencampurkan sperma ke makanan istri temannya di Semarang dinyatakan mengidap kelainan jiwa.

Bioskop di Kudus Dibuka Kembali, Ini Syarat Bagi Penonton

Berada pada PPKM level 2, Kabupaten Kudus mengizinken bioskop buka dengan protokol kesehatan ketat bagi penonton.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Sudah Punya 20, Kota Semarang Bakal Ketambahan 4 Rumah Sakit Anyar, Mana Saja?

Akan ada empat rumah sakit (RS) baru di Kota Semarang. Dengan tambahan rumah sakit ini diharapkan bisa mengakomodasi pasien Covid-19 yang banyak.

Istana Konglomerat Pertama Asia Tenggara di Semarang Kini Jadi Perkantoran, Ini Lokasinya!

Dahulu memiliki luas hingga 81 ha, istana konglomerat Asia Tenggara di Semarang kini berubah jadi perkantoran. Kira-kira di mana lokasinya?

Ganjar Sebut Jateng Segera Bentuk Brinda, Ini Fungsinya

Usulan pembentukan Brinda ini bahkan sudah masuk dalam pembahasan antara Pemprov Jateng dengan DPRD Jateng dalam rapat paripurna.

Hubungan Tak Direstui, Pemuda di Grobogan Nekat Gantung Diri

Cerita keluarga hubungan korban tidak direstui orang tua kekasihnya diduga itu yang membuat pemuda di Grobogan gantung diri.

JoMan Usung Ganjar Jadi Capres, Ini Reaksi Gubernur Jateng

Selama ini, Ganjar memang terkesan acuh setiap ditanya perihal dukungan sejumlah kelompok terkait pencalonannya sebagai presiden pada Pilpres 2024.

Innalillahi, 99 Anak Salatiga Kehilangan Orang Tua Gegara Covid-19

Catatan Pemkot Salatiga, sejak awal pandemi hingga Agustus 2021, sudah ada 99 anak di Salatiga yang kehilangan orang tuanya karena terpapar Covid-19.

Tim Basket Satya Wacana Saints Salatiga Umumkan Pergantian Pelatih

Mantan kapten tim SWSS musim 2010-2011 yaitu Jerry Lolowang terpilih sebagai pengganti Efri Meldi.

Rekonstruksi Pembunuhan Taruna PIP Semarang Digelar, Polisi Temukan Fakta Baru

Polisi menggelar reka ulang penganiayaan taruna PIP Semarang oleh senior yang berujung kematian. Ada sejumlah fakta baru yang terungkap.