2 Atlet Kelas International Ramaikan Lomba Menembak Sragen Open 2022

Untuk kali pertama Perbakin Sragen menggelar lomba menembak bertajuk Sragen Open 2022. Kegiatan itu diikuti dua atlet menembak kelas internasional.

 Para atlet menembak nasional dan internasional ikut sebagai peserta dalam Sragen Open 2022 yang dihelat Pengkab Perbakin Sragen di Stadion Taruna Sragen, Sabtu (14/5/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Para atlet menembak nasional dan internasional ikut sebagai peserta dalam Sragen Open 2022 yang dihelat Pengkab Perbakin Sragen di Stadion Taruna Sragen, Sabtu (14/5/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Dua atlet menembak Indonesia berkelas internasional yakni Terano Baja dan Anung Satriyo Wibowo ikut meramaikan Sragen Open 2022, Sabtu-Minggu (14-15/5/2022).

Lomba menembak yang baru kali pertama digelar Pengkab Perbakin Sragen ini diikuti pula oleh ratusan atlet menembak. Acara yang digelar di Stadion Taruna Sragen ini juga untuk merayakan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen.

PromosiIndonesia Punya 75 Jenis Soto, Lima di antaranya Khas Solo

Ketua Pengkab Perbakin Sragen, Gunawan Prasetya, mengungkapkan dalam Sragen Open 2022 ini juga turut bergabung Liga Jateng yang digelar Pengprov Perbakin Jawa Tengah

“Kami tidak bisa menghitung peserta yang hadir karena datang dan pergi. Ada dua atlet menembak kelas SEA Games 2019 di Filipina, yakni Terano Baja dari Semarang yang meraih medali emas dan Anung Satriyo Wibowo dari Rembang yang meraih medali perunggu iktu dalam lomba menembak ini,” jelas Gunawan, Sabtu.

Setiap peserta diwajibkan membeli tiket seharga Rp50.000 untuk bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Baca Juga: Sragen Createa Festival 2022 Dibuka dengan Penampilan 10 Anak SLB  

Diwawancarai terpisah, Anung Satriyo Wibowo, melihat antusias peserta di Sragen Open 2022 ini cukup tinggi. Ada dua kelas menembak yang digelar, yakni benchrest dan metal silhouette.

Anung menerangkan menembak membutuhkan tiga kekuatan, yakni skill atau keterampilan menembak, unit atau alat tembaknya, dan konsentrasi yang ada hubungannya dengan mental.

“Selama mentalnya tertata baik, maka konsentrasi akan ikut baik. Walaupun tidak ada gerakan fisik, tetapi gerakan pikiran menjadi penentu. Antara pikiran dan skill itu harus sehati. Misalnya, saat di rumah bagus, skill-nya bagus, tetapi saat event tekannnya besar sehingga mentalnya kurang kuat dan berpotensi bisa jatuh. Mental itu pengaruhnya besar,” katanya.

Anung memberi tips, bila ada keraguan dalam hati sebaiknya tunda dulu menembak atau dialihkan pada tembakan percobaan seperti dalam kelas benchrest. Kalau terjun di kelas metal silhouette, harus memahami senjatanya dan arah anginnya.

Baca Juga: Kalahkan Bupati, Sekda Sragen Juarai Lomba Masak Soto

Arah angin berpengaruh sekali dalam menembak karena ada koreksinya. Kalau anginnya ke kiri atau ke kanan, kata dia, arah tembak bisa di sisi tertentu yang bisa mengoreksi arah angin.

“Ya, ada perhitungan tertentu dalam menembah. Kalau salah perhitungan maka jatuhnya peluru bisa meleset. Tidak semua kelas ada indikator arah angin karena setiap kelas ada regulasi sendiri.

Anung dua kali ikut event menembak internasional, yakni di SEA Games Filipina dan di event internasional di Jakarta. Menjadi kebanggaan tersendiri bila membawa nama Merah Putih dan podium internasional,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Sumeni, Mata-Mata Sragen Legendaris Penakluk Tentara Belanda

Indonesia memiliki salah satu mata-mata legendaris semasa perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. Sumeni salah satunya. Ia dikenal dengan kehebatannya "menaklukkan" tentara Belanda di Sragen.

1 Jam, Bupati Jekek Bicara Rentenir hingga Kemiskinan di Wonogiri

Selama lebih kurang satu jam, Bupati Wonogiri, Joko Sutopo atau akrab disapa Jekek berbicara banyak soal upaya pengentasan rentenir, kaum boro, hingga pengentasan kemiskinan.

Breaking News! Jalan Solo-Semarang di Boyolali Macet, Ada Kecelakaan

Akibat kecelakaan tersebut arus lalu lintas di jalur Solo-Semarang maupun sebaliknya tersendat.

2 Jembatan di Weru Sukoharjo Diresmikan, Warga Gak Perlu Lagi Memutar

Kedua jembatan tersebut merupakan akses penghubung antarpedukuhan di Desa Krajan, Kecamatan Weru.

Terbanyak di Jawa Tengah, Segini Jumlah Masjid di Klaten

Kabupaten Klaten tercatat memiliki jumlah masjid paling banyak di Jawa Tengah, berapa sih?

Fantastis! Kambing Milik Peternak di Kartasura Ini Seharga 2 Ekor Sapi

Kambing boer disebut juga kambing pedaging sesungguhnya, pada umur lima hingga enam bulan, kambing ini dapat mencapai berat 35 kg– 45 kg.

Kisah Mete dan Asa Turunkan Tingkat Kemiskinan di Wonogiri

Cahaya matahari masuk melalui sela-sela dinding gedhek rumah Tari di Desa Tanggulangin, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (14/5/2022).

Jl Menteri Supeno Manahan Solo Harus Bersih, Nasib PKL Gerobak Gimana?

Para PKL yang berjualan menggunakan gerobak di depan pintu utara Stadion Manahan, Jl Menteri Supeno, Solo, mempertanyakan nasib mereka setelah penataan selter selesai.

Ini Lokasi Syuting Film Srimulat di Solo, Ada 3 Titik!

Lokasi syuting film Srimulat: Hil dan Mustahal ternyata dilakukan di Solo dan Sukoharjo. Kira-kira di mana saja ya pengambilan gambarnya?

KKN di Rumah Kosong Klaten Tak Kalah Seram dengan KKN di Desa Penari

Selain KKN Desa Penari, cerita tentang KKN di Rumah Kosong Klaten yang viral di tahun 2022 dinilai tidak kalah seram.

Profil Lulu Group, Peritel Raksasa Asia Yang Segera Ekspansi Ke Solo

Peritel raksasa Asia dan Timur Tengah, Lulu Group International, yang segera membuka gerai di Kota Solo, telah memiliki 200 lebih cabang di 22 negara.

Apakah Onggo-Inggi yang Muncul di Jembatan Jurug Solo Masih Ada?

Mitosnya masih terkenal hingga sekarang, apakah sosok Onggo-Inggi yang muncul di Jembatan Jurug dan Sungai Bengawan Solo masih ada?

Letusan Gunung Lawu Sampai Wonogiri, Belah Aliran Bengawan Solo Purba

Dampak vulkanik letusan Gunung Lawu purba diduga sampai ke Kawasan Baturetno, Wonogiri yang mengakibatkan terbelahnya aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi daerah tersebut pada masa itu.

Inspektorat Temukan Indikasi Penyimpangan Anggaran di BUMDes Berjo

Inspektorat Karanganyar menemukan indikasi adanya penyimpangan penggunaan anggaran di BUMDes Berjo, Ngargoyoso. Ada penggunaan anggaran yang tak sesuai perencanaan.

Banyak Pilihan, Inilah Daftar SMK Swasta di Kabupaten Sukoharjo

Inilah daftar sekolah menengah kejuruan atau SMK swasta di Kabupaten Boyolali.