SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com)--Hari pertama rangkaian gelaran ASEAN Para Games (APG) VI di Kota Solo, Senin (12/12) diwarnai dengan terganjalnya dua atlet Indonesia di sesi klasifikasi.

Kategori nomor yang diikuti dua atlet difabel kontingen Indonesia itu dinilai petugas klasifikasi tak sesuai. Keduanya adalah Romali (atlet putra cabang atletik lempar) dan Amrulah (atlet putra untuk cabang olahraga catur). Lucunya, Romali merupakan atlet lempar yang meraih sejumlah medali emas di nomor pertandingan tersebut dalam ajang APG sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Kalau ini tak sesuai kan tak logis karena Romali adalah atlet yang pernah ikut APG sebelum ini di nomor yang sama,” tandas staf NPC Indonesia bagian pembinaan dan prestasi, Waluyo, kepada wartawan di sela-sela klasifikasi di Stadion Manahan, Senin  pagi.

Ekspedisi Mudik 2024

Waluyo berasumsi hal itu hanyalah masalah perbedaan personel tim klasifikasi      yang telah ditunjuk oleh ASEAN Para Sport Federation (APSF). Dia meyakini Romali bakal lolos di kelas kategori atlet difabel F57 (penyandang cacat salah satu kaki lantaran amputasi yang menyisakan maksimal 10 cm bagian). ”Kami punya buktinya berupa surat klasifikasi APG sebelumnya. Kami akan tetap berupaya dengan menunjukkan itu, mudah-mudahan besok bisa ada jawaban (lolos klasifikasi),” jelasnya.

Waluyo tak mengelak tak lolosnya Romali itu akan berdampak terhadap kekuatan tim atletik Indonesia. Romali digadang-gadang meraih tiga medali emas dari cabang olahraga lempar lembing, lempar cakram dan tolak peluru.

Terpisah, pelatih atletik atlet Indonesia nomor lempar, Purwo Adi Sanyoto, menyatakan alternatif kelas untuk Romali tertutup jika harus bergeser ke kategori difabel F58.

”Sulit untuk pindah nomor karena di F58. Di nomor itu kami sudah punya dua atlet andalan juga dan maksimal ada dua atlet untuk satu nomor itu,” katanya kepada Solopos.com di Manahan.

(ovi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya