SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menerima 2.663 peserta dari sebanyak 39.645 pendaftar melalui seleksi jalur tertulis dan ujian keterampilan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011.

Pengumuman hasil seleksi, Rabu (29/6/2011) pukul 19.00 WIB sudah dapat diakses melalui laman www.snmptn.ac.id, www.ui.ac.id, www.itb.ac.id, www.undip.ac.id dan www.its.ac.id. Sementara pengumuman melalui media cetak dilakukan Kamis (30/6) pukul 00.00 WIB. Ketua Panitia Lokal SNMPTN 44 Solo, Prof Drs Sutarno MSc PhD, menyebutkan dari 2.663 peserta yang diterima, 1.157 peserta dari jurusan IPA dan 1.506 peserta dari jurusan IPS. Pendaftar yang memilih IPA sebanyak 17.156 peserta dan yang memilih IPS 22.489 peserta. “Bagi yang tidak lulus, bisa mengikuti jalur swadana. Pendaftaran sudah dimulai sejak 15 Juni lalu dan dibuka sampai 14 Juli,” imbuh Pembantu Rektor (PR) I itu saat ditemui wartawan di Sekretariat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sutarno menyatakan peserta SNPMTN melalui jalur swadana akan melonjak setelah ada pengumuman hari ini. Informasi sementara, mahasiswa yang sudah mencetak album untuk pendaftaran SNMPTN jalur swadana hingga kemarin sebanyak 397 peserta dan yang mendaftar lebih dari jumlah itu. Jika mendaftar melalui jalur swadana, terang Sutarno, peserta tidak perlu ujian tulis lagi. Sebab, penentuan peringkat akan dilakukan dari hasil ujian tulis SNMPTN.

Ekspedisi Mudik 2024

Ditambahkannya, untuk peringkat keketatan masuk UNS di tingkat nasional untuk jurusan IPA menurun dari peringkat ke-6 menjadi ke-9. Sedangkan untuk peringkat keketatan masuk UNS di jurusan IPS posisinya tetap di posisi kelima dengan urutan UI, UGM, Unpad, Unair dan UNS. Sutarno memrediksi keketatan jurusan IPA, karena saat ini banyak perguruan tinggi yang menjaring lewat SNMPTN seperti di ITB, IPB dan UGM.

“Di IPS, nilai maksimum yang diterima yaitu 96,39 dan di IPS 98,81. Fakultas yang nilai maksimumnya tinggi yaitu Kedokteran 98,81. Nilai terendah di Kedokteran yang bisa diterima yaitu 94,6,” terang Sutarno. Dia melihat peminat masyarakat untuk masuk Fakultas Kedokteran tinggi karena kemungkinannya jika menjadi dokter tidak perlu menjadi pegawai negeri dan bisa membuka praktik sendiri.

Mengenai beasiswa Bidikmisi, Sutarno menyatakan di antara mahasiswa yang diterima itu, ada 115 peserta yang akan menerima. Mereka masih diverifikasi lagi apakan benar-benar termasuk kategori keluarga miskin atau tidak.
Sutarno mengemukakan UNS akan mengupayakan kuota 400 untuk beasiswa Bidikmisi bisa terpenuhi sesuai persyaratan. “Bidikmisi baru terisi 180 dari SNMPTN Undangan dan 115 dari SNMPTN. Untuk memenuhi kuota, kami akan mengupayakan mahasiswa yang betul-betul miskin,” tegasnya.

nad

Informasi hasil SNMPTN (situs perguruan tinggi dan panitia seleksi):
www.snmptn.ac.id
www.ui.ac.id
www.itb.ac.id
www.undip.ac.id
www.its.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya