SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Sebanyak 2.515 orang siswa lulusan SMP dan sederajat pada tahun ini diperkirakan tidak akan tertampung di SMA maupun SMK negeri dan swasta di Sukoharjo. Pasalnya, daya tampung SMA maupun SMK hanya 8.610 siswa sementara lulusan SMP/MTs sebanyak 11.125 siswa.

Dengan demikian ada sisa siswa sebanyak 2.515 orang yang tidak tertampung. Kepala Bidang (Kabid) SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan (Disdik), Dwi Atmojo Heri menjelaskan, jumlah siswa lulusan SMP dan sederajat pada tahun ini memang tergolong besar. “Jumlah mereka mencapai 11.125 orang. Jumlah itu memang lebih banyak dibanding daya tampung SMA/SMK yang hanya 8.610 orang siswa,” jelasnya ketika dijumpai wartawan, Jumat (25/6).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia menambahkan mengenai 2.515 orang siswa yang terancam tidak tertampung di SMA/SMK negeri maupun swasta, Heri menjelaskan, tidak menjadi masalah. “Tidak semua siswa SMP Sukoharjo itu kan orang Sukoharjo. Jadi ada kemungkinan mereka akan bersekolah di luar Sukoharjo,” ujarnya.

Kemungkinan lain, tambah Heri, banyak juga siswa yang merantau ke luar daerah lantaran mengikuti orangtua. “Intinya kami memperkirakan baik sekolah negeri maupun swasta tidak akan bersaing dalam penerimaan siswa baru (PSB) tahun ini. Sama-sama lah. Untuk sekolah negeri juga, kami akan lebih memperketat pengawasan sehubungan dengan pembatasan jumlah siswa 40 orang per kelas,” tandasnya.

Data mengenai perbandingan jumlah lulusan SMP dengan daya tampung SMA/SMK tersebut, lanjut Heri sapaan akrabnya sekaligus merupakan bantahan atas kekhawatiran para kepala sekolah (Kepsek) SMA/SMK swasta yang mengadu ke komisi IV belum lama ini. Pengaduan itu terkait kondisi sekolah swasta yang terancam gulung tikar lantaran banyak calon siswa yang memilih menuntut ilmu di sekolah negeri.

aps

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya