2.500 Perempuan Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo Pecahkan Rekor Muri

Parade berkebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang diikuti 2.500 perempuan di Solo, Minggu (2/10/2022), berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri)

 Ketua DPR, Puan Maharani (kelima dari kanan), berjalan bersama rombongan saat parade Berkebaya Bersama Ibu Negara di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Ketua DPR, Puan Maharani (kelima dari kanan), berjalan bersama rombongan saat parade Berkebaya Bersama Ibu Negara di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Acara berkebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang diikuti 2.500 perempuan di Jl Slamet Riyadi Solo dari Loji Gandrung sampai House of Danar Hadi, Minggu (2/10/2022) berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Kategorinya Berkebaya dengan Jarit Wiru Solo bersama Ibu Negara oleh Perempuan Terbanyak. Iriana Jokowi menandatangani sampul peringatan Berkebaya Bersama Ibu Negara dan pernyataan dukungan Hari Kebaya Nasional dan Kebaya Goes To UNESCO.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Iriana memberikan pesan kepada para perempuan Indonesia khususnya pesinden, pengrawit, penari, buruh gendong, bakul jamu, dan pembatik yang selalu setia menggunakan kebaya dan jarit dalam bekerja maupun untuk harian.

“Semoga kesediaan dan kecintaan Ibu-ibu pada kain dan kebaya menginspirasi kaum perempuan dan generasi muda Indonesia. Untuk bangga mencintai kain dan kebaya sebagai citra perempuan Indonesia. Saya juga menyampaikan selamat Hari Batik Nasional,” jelasnya.

Pantauan Solopos.com, sekitara 2.500 perempuan berkebaya itu bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berjalan dari Loji Gandrung sampai depan House of Danar Hadi Solo sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga: Momen Ibu Negara Iriana dan 2.500 Perempuan Berkebaya Banjiri Jalan Utama Solo

Barisan pertama perempuan berkebaya yang berjalan kaki, di antaranya ada Ketua DPR  Puan Maharani. Kehadiran Puan menjadi perhatian warga yang menyaksikan kegiatan bertepatan pada Hari Batik Nasional tersebut.

Selanjutnya ada perempuan yang bekerja maupun mengenakan kebaya sebagai pakaian sehari-hari. Mereka adalah buruh Pasar Legi Kota Solo, pedagang jamu gendong, pemain musik tradisional siter, pedagang pecel desa, pedagang lenjongan, dan pedagang tenongan.

Selvi Ananda Ikut Berkebaya Bersama Ibu Negara

Penampilan perempuan itu menunjukkan bahwa pada era modern sekarang ini masih banyak perempuan memilih dan mencintai busana kebaya. Selanjutnya Ibu Negara Iriana Joko Widodo turut serta dengan kebaya warna merah.

Baca Juga: Ribuan Perempuan Ikuti Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Selvi Ananda yang tak lain putra dan menantu Iriana juga tak ketinggalan. Tampak rambut Selvi disanggul.

Selain itu, istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Wury Estu Handayani serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga ikut acara berkebaya bareng Ibu Negara Iriana Jokowi.

Sejumlah istri gubernur dan Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (Oase) yang beranggotakan para istri menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir. Di antaranya ada Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Agenda Berkebaya Bersama Ibu Negara Siang Ini, Cek Lokasi Parkirnya

Berikutnya Ketua Tim Penggerak PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak, Ketua Himpunan Ratna Busana Surakarta Danarsih Santosa Doellah, dan Ketua Pelaksana Acara Febri Dipokusumo.

Acara itu berdampak pada penutupan Jl Slamet Riyadi segmen Simpang Gendengan sampai Simpang Ngapeman mulai pukul 14.00 WIB-16.00 WIB. Jl Dr Wahidin dibuka dua arah untuk semua kendaraan.

Dinas Perhubungan Kota Solo juga menyiapkan beberapa tempat parkir bagi pengunjung yakni di Stadion Manahan, depan Kantor Bank Mandiri, Stadion Sriwedari, parkir Hotel Dana, halaman Graha Wisata Niaga, dan lain-lain.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Langganan, Asmoro Decoration Kembali Dipercaya Mendekor Venue Nikahan Kaesang

      Asmoro Decoration yang sudah sejak lama jadi langganan keluarga Presiden Jokowi dipercaya untuk mendekorasi lokasi acara ngunduh mantu nikahan Kaesang dengan Erina di Loji Gandrung Solo.

      Pekan Ini, Pemdes Kliwonan Sragen bakal Gelar Bazar Batik dan Kuliner

      Selain bazar batik dan kuliner, Pemdes Kliwonan juga akan menyajikan pasar malam dan hiburan untuk memeriahkan acara yang digelar selama empat hari itu.

      Bupati Karanganyar Ajak Mahasiswa KKN Ikut Kampanyekan Bahaya Stunting

      Bupati Karanganyar Juliyatmono mengajak 440 mahasiswa yang KKN di Karanganyar sosialisasikan bahaya stunting di lokasi KKN.

      Ini Prosesi Adat Pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung

      Sejumlah prosesi adat pernikahan Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Loji Gandrung.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Sakral di Loji Gandrung Solo, Ceria di Mangkunegaran

      Pernikahan asat Kaesang-Erina akan berlangsung di Loji Gandrung, sedangkan resepsi ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (6/12/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Wonogiri Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Pernah Sangat Buruk, Kini Sukoharjo Raih Anugerah Meritokrasi Kategori Baik

      Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

      Perkumpulan Sasana Purnama Soloraya Ikut Kirim Bantuan Korban Gempa Cianjur

      Perkumpulan Sasana Purnama (PSP) yang dipimpin GRAy Putri Woelan Sari Dewi, ikut memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Cianjur. Bantuan tersebut telah diserahkan ke BPBD Solo.

      Hari ini, 433 Calon PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Ikuti Tes Tertulis di 3 Lokasi

      tes CAT PPK Sukoharjo berlangsung di Univet, SMKN 1 Sukoharjo, dan SMAN 3 Sukoharjo.

      Pernikahan Kaesang-Erina, Polda Jateng Pastikan Tidak Ada Penutupan Jalan

      Polda Jateng menyatakan tidak ada penutupan jalan saat prosesi tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022).

      Breaking News! Orang Sukoharjo Tenggelam di Dlepih Wonogiri Ditemukan Meninggal

      Tim SAR berhasil menemukan warga Sukoharjo yang tenggelam di kawasan Kahyangan, Desa Dlepih Tirtomoyo, Wonogiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/12/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Selasa, 6 Desember 2022.

      Warga Perbatasan Sragen-Grobogan Kembali Temukan Jejak Kaki Macan

      Jejak kaki diduga macan ini lebih jelas daripada jejak kaki sebelumnya. Ada beberapa jejak kaki di tanah yang empuk, ada yang kecil dan ada yang besar.