SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Ilustrasi.dok

SLEMAN-Sedikitnya 2.500 ekor dari 10 jenis burung berkicau beradu memperebutkan gelar ‘Maharaja’ atau Piala Raja 2013 di pelataran Candi Prambanan, Minggu (9/6/2013). Adapun jumlah peserta gelaran tersebut adalah 700 orang dari seluruh wilayah di Indonesia.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Para peserta sengaja datang karena gelaran kali ini dinilai sebagai ajang paling bergengsi. Setiap peserta rata-rata membawa tiga hingga empat ekor burung. Adapun beberapa jenis burung yang diperlombakan kicauannya yakni Murai Batu, Anis Merah, Cucak Hijau, Cucak Jenggot, Kenari, Penthet, Cucak Rowo, Kacer Hitam, Love Bird, Kapas Tembak. Meski demikian jenis Anis Merah menjadi laga paling bergengsi.

Salahsatu peserta lomba asal Denpasar, Bali, Santo, mengatakan ia sudah ketiga kalinya mengikuti event Piala Raja. Dirinya juga sudah lebih lima kali datang untuk perlombaan burung dalam event yang berbeda termasuk ‘valentine’ beberapa waktu lalu.

“Di sini sangat prestise, belum ada event lain di Indonesia yang bisa mendongkrak harga burung seperi di sini [Piala Raja],” katanya.

Adapun Kasubag Program dan Informasi, Disbudpar DIY, Setyawan menegaskan setiap tahun peserta Piala Raja terus meningkat. Pada 2011 terdapat 1500 ekor burung, 2012 meningkat menjadi 2000 ekor dan tahun 2013 meloncat jadi 2500 ekor burung yang ingin gelar ‘Raja’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya