2.468 Lansia dan 250 ODKB di Klaten Terima Bansos
Pjs Bupati Klaten, Dr A P Ir Sujarwanto Dwiatmoko, MSi didampingi para pejabat menyerahkan bansos untuk lansia dan ODKB secara simbolis di Aula Kantor Kecamatan Ceper, Klaten, Senin (9/11/2020). (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak 2.468 Lanjut Usia (lansia) dan 250 Orang Dengan Kedisabilitasan Berat (ODKB) di Kabupaten Klaten menerima bantuan sosial atau bansos dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Klaten. Setiap lansia menerima Rp600.000 dan setiap ODKB menerima Rp1.800.000.

Penyerahan bansos untuk lansia dan ODKB dilakukan secara simbolis oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Ir Sujarwanto Dwiatmoko, MSi., di Aula Kantor Kecamatan Ceper, Klaten, Senin (9/11/2020). Ikut mendampingi dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) KlatenDrs Muh Nasir MM. Juga Pelaksana Tugas (Plt) Kabag Humas Setda Klaten, Pandu Wirabangsa, SH, MEng.

Kepala Dinsos P3AKB Klaten, Muh Nasir, mengatakan pemberian bantuan kepada para lansia dan ODKB dilakukan serentak di Kabupaten Klaten. Penyerahan secara simbolisnya dilakukan di Kecamatan Ceper. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan dalam tiga tahap, untuk meminimalisir terjadinya kerumunan guna mencegah penularan Covid-19.

Dinkes Klaten Raih Beragam Prestasi, Program Matur Dokter Jadi Unggulan

Menurut Muh Nasir untuk Kecamatan Ceper jumlah lansia yang menerima bansos ada 112 orang dan ODKB tiga orang. Dasar pemberian bantuan berasal dari usulan Pemerintah Desa (Pemdes) dan sudah dilakukan verifikasi. Sehingga penyerahan bansos untuk lansia dan ODKB sudah tepat sasaran.

Muh Nasir yang pernah menjabat Camat Cawas berharap, semoga bantuan untuklansia dan ODKB dapat meringankan mereka selama pandemi. “Semoga bermanfaat dan barokah serta para lansia dan ODKB senantiasa diberikan kesabaran dan kesehatan dari Tuhan,” ujar Muh Nasir.


Pjs Bupati Klaten, Dr A P Ir Sujarwanto Dwiatmoko, MSi didampingi para pejabat berfoto bersama dengan penerima bansos, Senin (9/11/2020). (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Upacara Hari Pahlawan, Wabup Sragen: Semua Bisa Jadi Pahlawan saat Pandemi

Didata Ulang

Camat Ceper, Supriyono SSos mengucapkan terima kasih kepada Pjs Bupati Klaten. Karena berkenan menyerahkan bansos untuk warga Ceper baik lansia maupun ODKB. Diharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Klaten tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

Sedangkan Pjs Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko mengharapkan, agar lansia dan ODKB atau disabilitas yang belum masuk ke daftar penerima namun memenuhi kriteria supaya segera didata.

“Setiap pemdes agar mendata ulang warga lansia maupun ODKB yang belum masuk penerima bantuan. Ini untuk kemanusiaan dan membantu sesama,” kata Pjs Bupati Klaten.

Sujarwanto Dwiatmoko mengungkapkan, bantuan ini diberikan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan kondisi tertentu. “Jangan sampai ada yang terlewat, agar semua lansia dan ODKB di Kabupaten Klaten yang benar-benar membutuhkan dapat menerima bantuan dari pemerintah untuk membantu kebutuhan sehari-hari,” imbuh Pjs Bupati Klaten.

 

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom