2.340 Dosis Vaksin Tiba, Bupati Madiun Penerima Vaksinasi Pertama
Petugas mengangkat ribuan dosis vaksin Sinovac di gedung farmasi Dinkes Kabupaten Madiun, Selasa (26/1/2021) sore. (Madiunpos.com-Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Sebanyak 2.340 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac telah tiba di Kabupaten Madiun, Selasa (26/1/2021) sore. Namun, jumlah vaksin tahap pertama tersebut masih kurang untuk memenuhi kebutuhan jumlah tenaga kesehatan yang akan divaksinasi.

Pantauan Solopos.com, truk pengangkut vaksin tiba di ruang penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Selasa sekitar pukul 15.00 WIB. Selanjutnya vaksin dimasukkan ke dalam ruangan khusus untuk disimpan.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengatakan untuk tahap pertama ini mendapatkan kiriman vaksin sebanyak 2.340 dosis. Untuk tahap awal ini, akan diberikan kepada tenaga kesehatan, Forpimda, termasuk Bupati Madiun.

"Saya juga ikut masuk dalam daftar penerima vaksin pertama bersama nakes dan Forpimda," kata dia.

Baca juga: Ponorogo Berlakukan PPKM, Ada Belasan Aturan yang Perlu Diketahui Masyarakat

Kaji Mbing, sapaan akrabnya, menyebut jumlah dosis vaksin yang diterima ini lebih sedikit dari jumlah nakes di Kabupaten Madiun. Jumlah nakes du Madiun terdata ada sekitar 2.700 orang.

Ada kekurangan sekitar 400 dosis vaksin untuk tahap pertama ini. Terkait kekurangan ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Timur dan akan dikirim kekurangannya pada pekan depan.

"Pekan depan sudah datang lagi untuk menambahi kekurangan ini. Untuk vaksinasi akan dimulai secepatnya. Rencana besok," jelas Kaji Mbing.

Baca juga: Bidan di Sambirejo Sragen Ketakutan Sampai Perut Mulas Saat Disuntik Vaksin Covid-19

Terkait kekurangan dosis vaksin itu, kata dia, untuk tahap pertama ini memang disamakan terlebih dahulu. Hal ini karena persoalan transportasi saja.

Seperti diketahui, sikap masyarakat yang kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan bisa berdampak banyak. Ketidakdisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan memicu penambahan kasus positif. Diharapkan dengan diterimanya 2.340 dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi bisa mengendalikan laju Covid-19.

 

Sumber: Madiunpos.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom