Kategori: Solo

2.228 Pedagang Pasar Gede Dan Klewer Solo Dapat Giliran Vaksinasi Berikutnya, Sudah Siap?


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO -- Pedagang Pasar Klewer dan Pasar Gede Solo mendapat giliran ikut vaksinasi Covid-19 pada akhir Februari 2021 ini. Jumlah total pedagang dua pasar tersebut yang akan disuntik vaksin mencapai 2.228 orang.

Perincinannya, 1.661 pedagang Pasar Klewer dan 567 pedagang Pasar Gede. Saat ini Pemkot Solo tengah memproses vaksinasi Covid-19 tahap II dengan sasaran petugas pelayanan publik.

Petugas tersebut meliputi aparatur sipil negeri (ASN), TNI/Polri, dan awak media. Setelah itu giliran pedagang Pasar Klewer dan Pasar Gede Solo dapat jatah vaksinasi Covid-19. Rencananya vaksinasi pedagang pasar di Solo dimulai pada Sabtu (27/2/2021).

Baca Juga: 2 Hari Disetop, KA Jarak Jauh Dari Dan Ke Jakarta Lewat Solo Jalan Lagi

Pantauan Solopos.com, sebanyak 64 awak media yang bertugas di Kota Solo menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di RS PKU Muhammadiyah Solo, Selasa (23/2/2021). Mereka menjadi salah satu sasaran dalam vaksinasi tahap kedua yang dimulai awal pekan ini.

Selain awak media, sasaran lainnya adalah petugas pelayanan publik, seperti TNI/Polri dan ASN. Sesuai jumlah vaksin yang dikirim Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada tahan ini ada 31.500 orang yang menjadi sasaran.

Jurnalis penerima vaksin, Ahmad Rafiq menyebut pemberian vaksin bagi jurnalis diharapkan melindungi mereka dari paparan virus SARS CoV-2 begitu pula narasumbernya.

Baca Juga: Jadi Tersangka Perusakan dan Penganiayaan, Anggota Peradi Solo Ini Dikawal 30-An Pengacara

38 Fasyankes

“Wartawan ini kan mobilitasnya tinggi, saat wartawan mengikuti vaksinasi ini bukan untuk kepentingan wartawannya saja namun juga untuk kepentingan masyarakat. Jika wartawan bisa makin produktif akses masyarakat untuk menerima informasi pandemi ini bisa tetap lancar,” kata pewarta dari Koran Tempo itu kepada Solopos.com, Selasa.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo membagi ratusan pelayan publik penerima vaksin Sinovac di 38 fasilitas layanan kesehatan terpilih. Jadwal pada Selasa itu menyasar 2.740 orang.

Baca Juga: Usung Tagline Wartawan Solo Wani Divaksin Covid-19, Nyatanya Takut Jarum Suntik

Sebagian sasaran itu adalah TNI/Polri, PT KAI, Rutan Kelas IA Solo, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, dan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot. Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan jumlah vaksin yang diterima pada Minggu (21/2/2021) lalu ada 7.000 vial.

Dari jumlah itu, 90% digunakan untuk dua dosis per orang. “Sasarannya jadi 30.000-an orang pada tahap kedua, yakni menyelesaikan kekurangan 5.877 nakes, kemudian TNI-Polri, petugas pelayanan publik. Selanjutnya untuk pedagang pasar dan warga lansia,” katanya kepada wartawan.

Share