2.077 UMKM Sragen Diusulkan Dapat BPUM 2021 Senilai Rp1,2 Juta

Dinkop UKM Sragen membuka pencaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi UMKM di Sragen secara offline sampai 9 Agustus 2021 mendatang.

 Ilustrasi uang tunai rupiah. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang tunai rupiah. (Freepik.com)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Sragen mengusulkan calon penerima bantuan produktif usaha mikro (BPUM) 2021 sebanyak 2.077 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ke Kementerian Koperasi dan UKM.

Dinkop UKM Sragen membuka pencaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi UMKM di Sragen secara offline sampai 9 Agustus 2021 mendatang.

Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Dinkop UKM Sragen, Dewi Dwi Hastuti, menyampaikan pendaftaran BPUM tahun ini berbeda dengan BPUM 2020. Dia menerangkan kalau BPUM 2020 dilakukan secara online atau daring tetapi sekarang dilakukan dengan datang langsung ke Dinkop UKM.

Baca juga: Sedih, Bocah 11 Tahun di Sragen Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

Dia mengatakan para calon penerima BPUM membawa berkas yang disyaratkan yang nantinya bisa diarsipkan di dinas. Dia mengatakan berkas para calon penerima BPUM itu nanti akan diusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM pada Agustus mendatang dengan tembusan ke Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah.

“Pendaftar BPUM pada 2020 banyak yang tidak cair. Atas dasar itulah, kami meminta bagi UMKM yang pernah mengajukan BPUM 2020 dan belum cair bisa mengajukan kembali dengan menyerahkan berkas ke Dinkop UKM Sragen. Pada 2020 lalu tercatat ada 64.000 UMKM yang mengajukan tetapi berapa yang sudah cair yang mengetahui pihak bank terkait. Ada juga pengajuan di 2020 tetapi baru cair di 2021 awal,” ujarnya.

Bank Penyalur

Dewi menyebut total UMKM yang sudah menerima BPUM selama 2021 sebanyak 18.380 UMKM. Dia menyampaikan jumlah UMKM di Sragen itu sebanyak 69.000 UMKM sehingga yang sudah mendaftar dan terealisasi baru 26,64%.

Baca juga: Jos! Pasutri Asal Sragen Ekspor 1.000 Ton Beras ke Arab Saudi

Dewi mengatakan bagi UMKM yang tidak cair pada 2020 sampai 2021 itu tidak bisa diketahui karena datanya tidak ditembuskan ke dinas tetapi berada di bank penyalur BPUM terkait. Dewi pernah menerima aduan dari UMKM yang awalnya tidak cair dengan koordinasi antara dinas dan bank bisa cair.

Dia mengisahkan ada pelaku UMKM datang ke Dinkop UKM dan mengadukan sudah datang ke bank tetapi tidak dapat bantuan. Kemudian nama pelaku UMKM itu, ujar dia, dicek dan dicocokkan dengan daftar penerima BPUM yang masuk dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Koperasi UKM.

“Setelah dicek sudah sama antara nama dengan nomor induk kependudukannya. SK itu difoto. Kemudian saya fotokan SK dan saya tanda tangani kemudian dibawa ke bank. Akhirnya bantuan itu bisa cair kepada pelaku UMKM itu. Ada juga dua nama tetapi ternyata satu orang. Setelah dibetulkan lewat data administrasi kependudukan dari kelurahan dan akhirnya juga cair,” jelasnya.

Baca juga: Sragen Dapat Tambahan 25.000 Dosis Vaksin Covid-19, Dibagi Rata ke Desa-Desa

Dewi selama ini sudah sosialisasi lewat media sosial supaya pelaku UMKM bisa mengajukan BPUM dengan membawa berkas ke Dinkop UKM Sragen, seperti fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), fotokopi kartu keluarga, fotokopi izin usaha, foto usaha, alamat, dan nomor telepon.

“Nilai bantuannya pada 2021 hanya Rp1,2 juta per UMKM. Dalam setahun hanya menerima sekali,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

RG Mathematical Soft Computing UNS Gelar Pengabdian Masyarakat di Klaten

RG Mathematical Soft Computing Program Studi Matematika UNS Solo melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Rejoso, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten

Waduh, Belum Semua Penyedia Jasa Konstruksi di Karanganyar Daftarkan Pekerja ke BPJS

Pemberi kerja jasa konstruksi wajib mendaftarkan pekerja dalam program JKK dan JKM kepada BPJS Ketenagakerjaan.

2 Pelajar Wonogiri Positif Covid-19 Sebelum Divaksin, Begini Tanggapan Bupati Jekek

Ditemukannya dua pelajar SMP di Wonogiri yang terpapar Covid-19 sebelum divaksin semakin menguatkan alasan kenapa Pemkab Wonogiri belum menggelar PTM.

Pemkab Boyolali Gelar Vaksinasi, Sasarannya Pengelola Objek Wisata hingga Pemandu Lagu

Pemkab Boyolali menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19. Kali ini, sasarannya adalah pelaku usaha di sektor pariwisata.

Gara-Gara Gas Bocor, Rumah Produksi Getah Pinus di Karanganyar Ludes Terbakar

SAR Karanganyar menerima informasi kebakaran pada Jumat pukul 03.45 WIB dan api berhasil dipadamkan pukul 06.00 WIB.

Pengumuman Hasil Tes PPPK Guru di Karanganyar Diundur Lur, Ini Penyebabnya

Panitia seleksi PPPK formasi guru di Karanganyar memutuskan untuk menunda pengumuman hasil seleksi kompetensi I yang seharusnya diumumkan pada Jumat (24/9/2021).

Prokes PTM SD-SMA di Sukoharjo Diperketat Demi Cegah Penularan Covid-19

Pengurus sekolah diminta memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan mulai dari siswa tiba, masuk ke ruang kelas hingga pulang sekolah.

Wow, Alga Bikinan Pemuda Sidowayah Klaten Jadi Makanan Astronaut di Ruang Angkasa Hlo

Kapsul alga yang dibuat pemuda di Sidowayah, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, menjadi salah satu makanan astronaut di ruang angkasa.

Tak Sengaja Kirim Chat Kasar ke Grup Kelas, Bocah SD di Mojogedang Ditampol Bapak Temannya

Kisah tragis dialami bocah SD di Mojogedang yang ditampol bapak temannya karena tak sengaja forward chat kasar ke grup kelas dengan HP temannya itu.

Misteri Palang Joglo Solo, dari Pesugihan hingga Asmara Makhluk Halus

Di bawah ini terdapat kisah misteri di persimpangan teramai di Kota Solo, Jawa Tengah, yakni Palang Joglo.

Motor dan Truk Boks Adu Banteng di Karanggede Boyolali, 1 Orang Meninggal

Peristiwa kecelakaan itu terjadi tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Karanggede, Boyolali, sekitar pukul 17.30 WIB.

Bonus Ratusan Juta Rupiah Menanti Atlet Wonogiri Peraih Medali PON Papua

Pemberian bonus sebagai bentuk konkret dan komitmen pemerintah dalam memberikan nilai dukungan dan apresiasi kepada atlet berprestasi.

Polres Boyolali Bekuk 9 Tersangka Kasus Pembuatan dan Peredaran Upal

Penangkapan awal dilakukan terhadap sebagian tersangka yang berada di rumah tersangka DS di Mojosongo, Boyolali pada Minggu (12/9/2021).

Selamat! Sragen Raih Penghargaan Parahita Ekapraya dari Kemen PPPA

Piala dan piagam tersebut diserahkan kepada Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati di ruang kerjanya, Kamis (23/9/2021).

Kunjungi Klaten, Menko Airlangga Hartarto Tanam Padi Rajalele di Sawah

Airlangga juga berbincang dengan petani perempuan yang sedang bercocok tanam tanaman Srinuk di Sidowayah.