SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Pembina Yayasan Lembaga Bakti Muslim Al Falah Sragen,Muhammad Dawwam melepas balon udara sebagai simbol pelepasan siswa untuk melakukan pawai Tarhib Ramadan pada Selasa (21/3/2023) di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen. (Istimewa)

Solopos.com, SRAGEN — Sekolah Islam Terpadu (SIT) Az-Zahra Sragen mengadakan kegiatan Tarhib Ramadan 1444 H,  Selasa (21/3/2023), yang diikuti 2000-an siswa. Mereka berasal dari berbagai lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Lembaga Bakti Muslim Al-Falah Sragen.

Lembaga pendidikan itu yakni KBIT dan TKIT Az-Zahra Sragen, SDIT Az-Zahra (Islamic Champion School) Sragen, SDIT Az-Zahra (Islamic Talent School) Sragen, SMP IT Az-Zahra (Islamic Leader School) Sragen, dan SMA IIBS Az-Zahra (Qur’anic Leader School) Sragen.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kegiatan Tarhib Ramadan dimulai pukul 06.30 WIB dengan titik kumpul di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen. Sebelum peserta melakukan pawai, ada seremoni pembukaan.

Tarhib bermakna penyambutan yang berasal dari rahiba yarhabu rahaban yang bermakna ittasa’a  yakni melebarkan, meluaskan, melapangkan. Tarhib Ramadhan adalah ungkapan selamat datangnya bulan Ramadhan. Kegiatan ini digelar SIT Az-Zahra dalam rangka membangkitkan semangat bersama menyambut hadirnya Bulan Suci Ramadan.

Dalam sambutannya, Suparlan selaku ketua Yayasan Lembaga Bakti Muslim AL Falah Sragen menyampaikan Ramadan merupakan bulan di mana kita harus menahan segala hawa nafsu. Salah satu cara dalam menjaga hawa nafsu tersebut, sambungnya, adalah dengan berkata yang baik atau diam.

“Sebagaimana disampaikan dalam hadis arbain ke-15, ‘Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya’,” ujarnya, dalam rilis yang diterima Solopos.com.

Ia mengajak para siswa menjaga lisan untuk senantiasa berucap yang baik dan santun. Selain itu para siswa juga diimbau untuk tetap istikamah dalam beribadah. “Di saat sudah terbiasa sedekah Subuh, semoga selama Ramadan menjadi lebih rajin bersedekah. Manfaatkan bulan Ramadan dengan memperbanyak ibadah dan menebar manfaat bagi sesama,” sambung Suparlan.

Seusai sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Puisi berjudul “Selamat Bulan Ramadhan” karya Masayu Sechmaida yang dibawakan oleh Radhisa Zhahira Setyahadi dan Aqila Izzatunnisa (siswi Kelas III), kedua  yang merupakan siswi kelas IV dan III SDIT Az-Zahra (Islamic Talent School) Sragen.

Pawai

Puisi tersebut menggambarkan Ramadan adalah bulan yang suci, penuh keberkahan, berlimpahnya ampunan dan pahala dari Allah. Hendaklah menjalankan ibadah di bulan Ramadan ini dengan hati yang suci, ikhlas mengharap rida dan ampunan Illahi Rabbi.

Seremoni pembukaan ditutup dengan penerbangan balon ke udara sebagai simbol pelepasan seluruh siswa untuk melaksanakan pawai atau long march menuju titik finis masing-masing. Sepanjang perjalanan, siswa membagikan jadwal imsakiyah kepada masyarakat.

Adapun titik finis KBIT dan TKIT Az-Zahra (Islamic Holistic School) Sragen yakni di Masjid Kauman. SDIT Az-Zahra untuk kelas I-II di Taman Krido Anggo dan kelas III-VI di GOR Diponegoro. Sedangkan titik finis bagi siswa SMP IT Az-Zahra (Islamic Leader School) Sragen dan SMA IIBS Az-Zahra Sragen adalah di gedung Az-Zahra Nglorog.

Keluarga besar Yayasan Lembaga Bakti Muslim Al Falah dan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Az-Zahra Sragen mengucapkan Marhaban yaa Ramadan, selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. “Semoga Allah menerina amal ibadahku dan amal ibadahmu di Bulan Ramadan ini,” ungkap Ketua Dewan Pembina Yayasan, Muhammad Dawwam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya