Hutan lereng Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung terbakar, Senin (30/9/2019). (Antara-BPBD Temanggung)

Solopos.com, TEMANGGUNG — Kawasan hutan milik Perhutani di lereng Gunung Sindoro wilayah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah terbakar, Senin (30/9/2019).

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, mengatakan petugas BPBD dan para sukarelawan masih berupaya memadamkan api dengan membuat jalur sekat bakar. Ia mengatakan kawasan yang terbakar ada di Petak 12E-1, wilayah Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung.

Ia menuturkan kebakaran diketahui kali pertama sekitar pukul 12.30 WIB. "Titik api mulai terlihat pukul 12.30 WIB saat ini personel kami masih berusaha untuk memadamkan api," katanya.

Ia mengatakan pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Pada musim kemarau panjang seperti saat ini, katanya, kawasan hutan di lereng Gunung Sindoro dan Sumbing rawan terbakar karena kondisinya kering.

Sebelumnya, pada pekan lalu kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing juga terbakar. Kebakaran yang terjadi di wilayah Temanggung itu berlangsung dalam beberapa hari tersebut menghanguskan sekitar 19,5 ha lahan hutan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten