Tutup Iklan

189 Warga Kota Madiun ke Tanah Suci 7 Juli 2019, Ini Calhaj Termuda dan Tertua

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun mengklaim persiapan keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Madiun, Jawa Timur, ke Tanah Suci pada musim haji tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi telah mencapai 98 persen.

189 Warga Kota Madiun ke Tanah Suci 7 Juli 2019, Ini Calhaj Termuda dan Tertua

SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji melakukan towaf atau mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Mekkah, Selasa (14/8/2018). (Solopos-Syifaul Arifin)

Solopos.com, MADIUN -- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun mengklaim persiapan keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) asal Kota Madiun, Jawa Timur, ke Tanah Suci pada musim haji tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi telah mencapai 98 persen.

"Persiapan sudah mencapai 98 persen. Secara keseluruhan, alhamdulillah semuanya sudah siap untuk diberangkatkan," ujar Kepala Kantor Kemenag Kota Madiun Ahmad Munir kepada wartawan, Jumat (28/6/2019).

Untuk kesiapan dokumen baik paspor maupun visa, kata dia, semuanya telah selesai. Demikian juga pemeriksaan kesehatan dan semua yang berkenaan dengan keberangkatan jemaah calon haji, telah diklaim siap.

Bahkan, calon haji asal Kota Madiun juga telah melaksanakan praktik manasik haji tingkat kecamatan sebanyak enam kali dan tingkat kota sebanyak dua kali yang dipusatkan di gedung Wisma Haji Kota Madiun.

Dia menerangkan  jumlah calon haji Kota Madiun yang akan berangkat pada tahun ini mencapai 189 orang. Mereka masuk dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Surabaya yang bergabung dengan calon haji asal Pacitan dan Surabaya.

"Jumlah calon haji yang berangkat tahun ini turun dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai sebanyak 214 jemaah," kata Ahmad Munir.

Seharusnya sesuai daftar tunggu, ungkap Ahmad Munir, tahun ini ada 181 calon haji Kota Madiun yang berangkat. Tetapi karena adanya penambahan kuota dari pemerintah dan Kota Madiun mendapat jatah tambahan delapan orang, maka jumlah totalnya menjadi 189 orang.

Dari 189 calon haji yang berangkat, terdiri 85 laki-laki dan 104 perempuan. Terinci dari Kecamatan Taman 115 orang, Kecamatan Kartoharjo 52 orang, dan Kecamatan Manguharjo 22 orang. Selain itu, ada lima petugas pendamping yang menyertai jemaah, yakni Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI).

Pihaknya mengimbau para calon haji untuk mematuhi semua aturan yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi. Di antaranya tentang batasan membawa perlengkapan atau barang.

Selain itu, bagi calon haji yang masuk dalam golongan risiko tinggi, hendaknya menjaga kesehatan dan membawa obat-obatan pribadi sesuai resep dokter agar nantinya dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar.

Sesuai rencana, calon haji asal Kota Madiun akan diberangkatkan dari Wisma Haji Kota Madiun pada Minggu (7/7/2019) pukul 11.00 WIB dan tiba di embarkasi Surabaya pada pukul 15.00 WIB. Kemudian, tanggal 8 Juli para calon haji akan diberangkatkan dari Surabaya menuju Madinah.

Para calon haji yang berangkat tahun ini merupakan pendaftar pada bulan November tahun 2010. Sementara, calon haji asal Kota Madiun yang termuda tercatat atas nama Mustofa Abdul Azis, 26, warga Jl. Slamet Riyadi dan tertua tercatat atas nama Jayat Sukadi, 77, warga Jl. Trengguli.

Sesuai jadwal, para calon haji Kota Madiun tersebut akan kembali ke Tanah Air pada 19 Agustus mendatang. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belasĀ  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.

Belanda 2-0 Austria: Makin Mantap, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.

Jepang Segera Luncurkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Jepang segera meluncurkan paspor vaksin yang diperuntukkan pelancong Jepang dan akan diluncurkan mulai bulan depan.

Wali Kota Covid-19, 50 ASN Salatiga Swab Test

Sebanyak 50 aparatur sipil negara atau ASN di Kota Salatiga wajib menjalani pemeriksaan atau tes usap atau swab.