SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M Said Hidayat, melepas peserta lomba gerak jalan 5K di Alun-Alun Kidul Boyolali, Rabu (7/6/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 186 regu terdiri atas 116 regu putra dan 70 regu putri mengikut lomba Gerak Jalan 5K yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata atau Disporapar Boyolali, Rabu (7/6/2023). Lomba dikhususkan untuk pegawai organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Boyolali.

Dalam lomba tersebut, tim dari UPT Pendidikan Dasar dan Luar Sekolah (Dikdas LS) Kecamatan Selo mendominasi baik tim putra maupun putri dengan meraih juara I pada masing-masing kategori. Lomba dilaksanakan di area Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Lomba Gerak Jalan 5K yang diselenggarakan Disporapar bersama panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-176 Kabupaten Boyolali itu diikuti perwakilan OPD, Dikdas LS, UPT SMP, Kecamatan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, daftar pemenang lomba Gerak Jalan 5K Boyolali kategori putra, juara I dari UPT Dikdas LS Kecamatan Selo, juara II UPT Dikdas LS Mojosongo, juara III UPT Dikdas LS Cepogo. Kemudian juara harapan I UPT Dikdas Sambi, harapan II UPT Dikdas Nogosari, harapan III UPT Dikdas Teras.

Selanjutnya, daftar pemenang lomba Gerak Jalan 5K Boyolali kategori putra, juara I dari UPT Dikdas LS Kecamatan Selo, juara II UPT Dikdas LS Kemusu, juara III IGTKI Kecamatan Kemusu, juara harapan I UPT Dikdas LS Cepogo, harapan II Kecamatan Nogosari, harapan III IGTKI Nogosari.

Kepala Disporapar Boyolali, Supana, menjelaskan kegiatan tersebut sengaja diperuntukkan OPD, BUMD, dan pegawai lainnya. “Untuk adik-adik pelajar nanti ada event lain, jadi ini khusus OPD. Jumlah kepesertaan ada 186 regu, terdiri dari 70 peserta putri dan 116 peserta putra,” ujar dia saat ditemui di sela-sela acara.

Alasan Dipilih 5 Km

Ia mengungkapkan total hadiah bagi para pemenang totalnya Rp42 juta. Perinciannya, juara I baik putra maupun putri mendapatkan hadiah uang Rp6 juta, juara II Rp5 juta, juara III Rp4 juta, juara harapan I Rp3 juta, juara harapan II Rp2 juta, dan juara harapan III Rp1 juta.

Disporapar Boyolali juga menyediakan hiburan bagi para peserta lomba berupa pentas dangdut Kalimba. Supana mengatakan hal tersebut agar para peserta lomba bisa merasa fresh dan terhibur setelah berjalan.

“Tentunya kami selalu menginginkan kepada seluruh masyarakat Boyolali, khususnya para karyawan dan ASN itu selalu membiasakan pola hidup sehat. Kami selalu memasyarakatkan olahraga dalam rangka untuk bisa berkarya maksimal, secara sehat, dan lahir batin,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M Said Hidayat, yang juga turut hadir dalam acara tersebut mengagumi antusiasme para peserta lomba. Ia mengetahui beberapa peserta beberapa hari sebelumnya juga telah berlatih gerak jalan di area kantor Pemkab Boyolali.

“Maka dengan antusiasme ini, mari kita jaga semangat kita. Ketika membangun Boyolali, ya semangat inilah yang harus ditunjukkan,” kata dia.

Said membeberkan rute jalan sepanjang lima kilometer atau 5K sengaja dipilih karena merupakan tanggal lahir Kabupaten Boyolali yaitu tanggal 5. Hal tersebut juga mencerminkan lima sila dasar negara seperti yang ada di Alun-Alun Pancasila.

“Apalagi ada Alun-Alun Pancasila yang baru saja diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Pak Ganjar Pranowo pada 1 Juni, kami menyampaikan pesan bagaimana membangun ini harus didasari lima dasar, Pancasila,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya