Sejumlah pemuda mendaftar sebagai polisi di Mapolres Sukoharjo, Kamis (12/4/2018). (Istimewa-Humas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kursi dan meja ditata membentuk letter U di Ruang Panjura Kompleks Mapolres Sukoharjo, Kamis (12/4/2018). Di dinding tertempel backdrop bertuliskan Pemeriksaan Administrasi Penerimaan Anggota Polri  di Polres Sukoharjo.

Satu per satu pendaftar anak muda masuk dan duduk di kursi sesuai urutan berkas yang hendak diperiksa. Ada yang masih berseragam putih abu-abu, ada juga yang mengenakan baju batik dan sebagainya. Mereka semua adalah pendaftar anggota Polri di Polres Sukoharjo.

Arif, warga Kecamatan Bulu, Sukoharjo, dan Gilar, warga Gayam, Kecamatan Sukoharjo, adalah dua dari para pendafttar itu. Gilar, mahasiswa semester IV di salah satu PTS Sukoharjo, mengaku tahun ini (2018) merupakan kali ketiga dia mendaftar sebagai polisi.

“Dua kali gagal di tahapan tes psikologi dan tahun ini siap menjalani semua tahapan. Mohon doanya agar bisa lolos dan diterima menjadi anggota polisi."

Arif yan masih kuliah di PTN di Solo semester II juga mengatakan hal serupa. Namun, dia mengaku baru kali pertama mendaftar dan ingin masuk di Akademi Kepolisian (Akpol). “Walau sudah kuliah saya tetap mendaftar Akpol,” ujarnya.

Karenanya keduanya bersama seratusan pendaftar yang lain ikut antre di tahapan pemeriksaan administrasi. Sebelum masuk ruangan, para pendaftar mengikuti apel di halaman depan Mapolres Sukoharjo.

Kabag Sumber Daya (Sumda) Polres Sukoharjo, Kompol Basirun mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, kepada wartawan menjelaskan ada 177 pendaftar calon polisi. Menurutnya, jumlah pendaftar tahun ini menurun dibanding setahun lalu sebanyak 200 orang pendaftar.

“Tahun lalu, waktu pendaftaran cukup panjang yakni sebulan sedangkan tahun ini hanya 17 hari masa pendaftaran.”

Ke-177 pendaftar itu terbagi atas 138 pendaftar Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), 10 pendaftar Akpol, 15 pendaftar tamtama, seorang pendaftar Bintara Teknologi Informasi (TI), seorang pendaftar Bintara Pelayaran, dan dua pendaftar Bintara Penerbang. “Pemeriksaan administrasi dijadwalkan sehari ini [Kamis] selesai kemudian dikirim ke Polda untuk tahapan psikotes dan seterusnya,” katanya.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten