SOLOPOS.COM - Sepeda motor matic yang disiapkan Polda Jateng untuk mengatur lalu lintas. (Detik.com)

Harianjogja.com, SEMARANG- Ditlantas Polda Jateng mendapatkan bantuan sarana berupa 175 motor matic dan tujuh mobil dari Korlantas Polri untuk operasional jelang arus mudik tahun 2014.

Sarana tersebut akan disebar ke Polres/Polresta seluruh Jateng terutama yang diperkirakan terjadi kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dirlantas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Istu Hari Winarto, mengatakan motor Suzuki Hayate dan mobil Mazda6 itu untuk kelancaran operasi ketupat candi lebaran 2014. Untuk mobil, akan di tempatkan di daerah yang biasanya sering ada pengawalan tamu VVIP.

“Untuk satuan wilayah yang benar-benar butuh, untuk pengawalan VVIP seperti Polrestabes Semarang dan Solo,” kata Istu di Mapolda Jateng, Rabu (16/7/2014).

Sementara itu 175 motor akan disebar ke seluruh wilayah untuk mengurai kemacetan parah saat arus mudik dan balik seperti Brebes, Ungaran (Kabupaten Semarang), dan Banyumas.

“Kendaraan roda dua untuk mengurai kemacetan saat arus mudik dan balik. Maka pendistribusian semua dapat. Ada sisa 70 untuk persiapan, nanti kita lihat mana yang paling membutuhkan,” tandas Istu.

Selain kendaraan, bantuan yang datang juga berupa traffic cone, jas hujan, dan empat heli cam. Nantinya helicam yang dikendalikan menggunakan remote control itu akan digunakan untuk memantau kemacetan dari udara.

“Ketinggian helicam bisa mencapai 1 kilometer dengan jarak pandang 300 meter,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya