SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Stop Nyontek Sekarang Juga!

SOLO-Ujian lagi ujian lagi. Bagi kalian yang udah duduk di kelas III SMA, SMK maupun SMP, bulan ini memang jadi pekan-pekan sibuk kalian. Bagi yang masih di kelas I atau II juga enggak ada bedanya. Ulangan terus bergantian padahal PR juga numpuk-numpuk. Capek deh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duh, pusing juga ya jadi pelajar. Karena itu banyak teman-teman kamu dan juga kamu sendiri yang pakai jalan pintas. Apa tuh jalan pintasnya? Apa lagi kalau bukan nyontek, seperti pengakuan teman kita di salah satu SMA negeri di Solo. Sebut saja Roni, cowok kelas XI ini emang udah merasakan pahit manisnya dunia percontekan.

“Itu udah jadi kewajiban pas ada ulangan atau tes gitu,” katanya.

Hemm…Kedengarannya kok jadi jelek ya. Tapi begitulah nasib pelajar Indonesia saat ini yang udah telanjur pinter dalam segala hal, termasuk dalam menyontek. Mau bagaimana lagi deh, udah banyak PR, ekskul, les, ulangan hampir tiap hari. Bagi beberapa di antara siswa, nyontek pun jadi pilihan dengan satu syarat, jangan sampai ketahuan.

“Guru-guru killer udah pada tahu semua karena mereka yang menggagalkan rencana nyontek kita,” ujar Roni.

Makanya kalau udah niat mau nyontek, harus sadar risikonya. Nyontek bisa berakibat buruk kalau ketahuan, bahkan bisa lebih parah dari pada dapat nilai jelek. Guru bukan cuma ambil contekan Sobat Gaul, tapi juga bisa kasih hukuman tambahan. Misalnya nih Sobat Gaul dianggap dapat nilai nol atau malah dilaporin ke guru BP sama ortu. Gawat kan?

Karena itulah sebelum memutuskan diri untuk menyontek, ada baiknya memikirkan dulu semua risikonya. Satu hal lagi, nyontek bukan jaminan dapat nilai bagus terutama saat UN.

Bocoran UN

“Males ah, kabarnya contekan sering kali jlomprongke, banyak yang salah,” kata Randi Prasetyo, siswa Kelas XII SMKN 5 Solo.

Kabarnya, sebagian anak kelas XII kini ada yang sudah cari-cari bocoran soal ujian negara (UN). Tapi siapa yang berani jamin kalau bocoran soal itu emang bener-bener sesuai dengan soal aslinya?

Randi yang sebentar lagi mau menghadapi UN mengaku sudah enggak mikir contekan atau bocoran soal. Menurut Sobat Gaul kita ini, biasanya bocoran soal cuma bohong-bohongan si penjual yang cari untung. Padahal kalau salah, yang ngasih bocoran atau contekan juga enggak bakal mau bertanggung jawab.

“Paling-paling itu cuma cari untung aja.”

Sementara menurut Angga Setiawan yang juga sama-sama Kelas XII SMKN 5 Solo, menjelang ujian sebaiknya enggak usah terlalu tegang belajar. Kalau terlalu tegang, salah-salah malah jadi stres sebelum ujian. “Kalau bisa belajar yang santai saja, yang penting jaga kondisi tubuh,” katanya.

Adib Muttaqin Asfar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya