SOLOPOS.COM - Peserta mengikuti Training of Trainers (ToT) Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (Cikur) dan QRIS serta Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS 2020 di Kantor Perwakilan BI Solo, Sabtu (22/2/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Seratusan peserta mengikuti Training of Trainers (ToT) Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (Cikur) dan QRIS serta Pemilihan Duta Rupiah dan QRIS 2020 yang digelar di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo, Sabtu (22/2/2020).

Acara bertujuan meningkatkan pengetahuan para peserta yang terdiri atas perwakilan teller perbankan dan mahasiswa terbaik di Soloraya yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (Gen BI).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

PN Kota Madiun Vonis Mati Terdakwa Pembunuh Anggota PSHT

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah KPw BI Solo, Purwanto, mengatakan tahun ini peserta berjumlah 171 orang, dengan rincian 95 teller dari bank umum, BPR, dan pegadaian serta melibatkan 76 mahasiswa dari UNS, IAIN, dan Unisri.

Menurutnya, jumlah ini meningkat daripada sebelumnya sebanyak 81 orang, yang berasal dari bank umum dan BPR.

Pilkada Sukoharjo: Klaim Kantongi 35.000 KTP, Tikus Pithi Nyerah di Detik Terakhir

"Dalam acara ini, para peserta dibekali pemahaman dasar mengenai kebanksentralan, Cikur, QRIS, dan refreshment beberapa ketentuan terkait," ujarnya, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Purwanto menjelaskan para peserta diuji, baik dari sisi hardskill maupun softskill. Hardskill dinilai dari pemahaman terhadap substansi melalui soal, sementara softskill dinilai dari uji kecepatan, ketepatan, dan ketelitian.

Foto-Foto Benteng Keraton Kartasura Kumuh Ditutupi Rumput Liar

Selanjutnya, 20 peserta yang memperoleh nilai terbaik dari masing-masing kategori mengikuti seleksi selanjutnya, yakni presentasi pada seleksi kedua dan tanya jawab pada seleksi ketiga, hingga akhirnya dinobatkan menjadi Duta Rupiah dan QRIS 2020.

Nantinya, Duta Rupiah dan QRIS akan dilibatkan oleh Bank Indonesia Solo dalam beberapa kegiatan, seperti capacity building, focus group discussion, dan program edukasi kepada masyarakat, untuk semakin mempertajam pengetahuan dan meningkatkan kompetensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya