SOLOPOS.COM - Pengunjung mengamati suasana di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (25/12/2017). Saat Natal, objek wisata tersebut ditutup untuk umum. (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Sekitar 170 wisatawan mancanegara (wisman) dari Kunming, Tiongkok, diklaim masuk ke Solo setiap pekannya. Hal itu seiring beroperasinya penerbangan langsung Kunming-Solo dengan prioritas mendatangkan turis dari Tiongkok menuju Solo dan sekitarnya.

Perwakilan pihak land operator kedatangan wisman Kunming, PT Cahaya Matahari Rembulan, yang mengurusi operasional di Solo dan sekitarnya, Djunanto Hutomo, mengatakan saat ini wisman dari Kunming datang melalui Bandara Adi Soemarmo setiap Kamis.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Jumlahnya antara 170-176 orang setiap Kamis," kata dia kepada , Jumat (25/10/2019). Para wisman tersebut masuk ke Indonesia melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali untuk berwisata ke beberapa destinasi di Solo, Jogja, dan Semarang.

Djunanto mengatakan setelah tiba, para wisman akan langsung diajak menuju Jogja dan menginap selama dua malam. Kemudian mereka masuk ke Semarang setelah sebelumnya singgah di Candi Borobudur.

Di Semarang para wisman menginap semalam. Kemudian menuju Solo dan menginap dua malam di tambah menginap di Tawangmangu selama semalam.

"Jadi untuk Kunming ini sampai saat ini masih jalan. Objek yang dituju juga berkembang. Bukan hanya Solo dan Jogja, sekarang sudah berkembang ke Semarang dan menginap di Tawangmangu," lanjut dia.

Dia menyebutkan beberapa destinasi yang dikunjungi di Solo. Di antaranya adalah Pura Mangkunegaran, Museum Keris, Sepur Kluthuk Jaladara kemudian kampung wisata di Baluwarti untuk belajar menari, membatik dan sebagainya.

Diharapkan ke depan untuk area Tawangmangu juga bisa dikembangkan dengan mengunjungi beberapa destinasi yang ada.

Selain mengunjungi destinasi wisata, para wisman juga diberi kesempatan untuk mengunjungi pusat perbelanjaan di Solo. "Seperti halnya pusat batik atau pun mal, kami beri kebebasan," ungkap dia.

Sebelumnya pengelola beberapa mal di Solo dan sekitarnya mengaku beberapa kali mendapatkan tamu dari wisman. Di Solo Paragon Mall misalnya, sejak Agustus lalu mulai dikunjungi rombongan yang diprediksi dari Tiongkok.

"Tidak ada konfirmasi, tiba-tiba ada rombongan datang. Beberapa kali, beberapa rombongan. Seakan-akan seperti Discovery Shopping Mall di Bali, banyak turis datang," terang Chief Marcomm Solo Paragon Mall, Veronica Lahji, belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan manajemen The Park Mall. Public Relation The Park, Christina Tri Mawarti, mengatakan sejak Juli lalu, The Park Mall banyak dikunjungi oleh rombongan tamu mancanegara.

"Per bulan Juli dan Agustus, traffic kami didominasi turis-turis Tiongkok maupun Korea, selain itu ada juga dari Timur Tengah. Juli pernah dua rombongan bus kelihatannya kalau tidak dari Tiongkok, mereka dari Korea," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya