17 Orang Ditangkap KPK dalam OTT Menteri KKP Edhy Prabowo
Ilustrasi KPK (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA -- Total 17 orang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) termasuk Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo dan istrinya yang juga anggota DPR, Iis Rosita Dewi, Rabu (25/11/2020) dini hari.

"Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, di antaranya adalah menteri kelautan dan perikanan beserta istri dan beberapa pejabat di KKP," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Rabu (25/11/2020).

Selan Menteri KKP, istri, dan pejabat KKP, lembaga antirasuah itu juga mengamankan sejumlah pihak swasta. Namun Ali belum memerinci nama pihak-pihak yang ikut diamankan selain Edhy Prabowo dan Istrinya.

Begini Reaksi Ketum Gerindra Prabowo Subianto Usai Edhy Prabowo Ditangkap KPK

Lebih lanjut, Ali membeberkan bahwa penangkapan tidak hanya dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta, tetapi juga di Jakarta dan Depok, Jawa Barat.

"Rabu, 25/11/2020 KPK mengamankan sejumlah pihak di beberapa lokasi diantaranya Jakarta dan Depok Jabar termasuk di Bandara Soekarno Hatta sekitar jam 00.30 WIB," jelasnya.

Penetapan Calon Eksportir

Selanjutnya, Ali memastikan penangkapan Edhy Prabowo cs. terkait dengan proses penetapan calon eksportir benih lobster.

"Saat ini KPK masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 17 orang tersebut selama 1x24 jam," kata Ali.

KPK Akui Novel Baswedan Kasatgas Penangkapan Menteri KKP Edhy Prabowo

Diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan bahwa Novel Baswedan menjadi salah satu Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) yang menangkap Menteri KKP Edhy Prabowo.

Ali Fikri menjelaskan kegiatan tangkap tangan ini dilakukan oleh tim KPK atas penugasan resmi dengan menurunkan lebih tiga Kasatgas baik penyelidikan dan penyidikan termasuk juga dari JPU.

"Salah satu Kasatgas tersebut benar Novel Baswedan," kata Ali Fikri.

Sosok Anggota DPR Iis Rosita Dewi, Istri Edhy Prabowo yang Ikut Ditangkap KPK

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan operasi tangkap tangan yang dilakukan tim satgas lembaga antirasuah terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Operasi tangkap tangan tersebut dilakukan tim satgas KPK pada Rabu (25/11/2020) dini hari di Bandara Soekarno Hatta.

Sumber: Bisnis.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom