17 Hari Jelang Pencoblosan Pemilu, Surat Suara di Jateng Masih Kurang 3,3 Juta

Pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal dua pekan lagi. Meski demikian, kebutuhan surat suara di Jawa Tengah (Jateng) belum terpenuhi atau masih kurang 3,3 juta surat suara.

17 Hari Jelang Pencoblosan Pemilu, Surat Suara di Jateng Masih Kurang 3,3 Juta

SOLOPOS.COM - Ilustrasi surat suara Pemilu 2019. (Antara-Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal dua pekan lagi. Meski demikian, kebutuhan surat suara di Jawa Tengah (Jateng) belum terpenuhi atau masih kurang 3,3 juta surat suara.

Koordinator Divisi Pengawasan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, Anik Sholihatun, menyebutkan hingga 1 April atau 16 hari menjelang pencoblosan masih ada kebutuhan 3.342.9870 surat suara yang belum terpenuhi di kabupaten/kota di Jateng.

"Belum lengkapnya kebutuhan surat suara itu disebabkan beberapa hal, seperti kurangnya basis data KPU seperti tambahan 2% DPT secara global padahal kebutuhan riilnya adalah tambahan 2% per TPS," ujar Anik dalam keterangan resmi.

Selain kurangnya basis data KPU, Anik menyebut belum terpenuhinya kebutuhan surat suara di Jateng juga dikarenakan adanya selisih hitungan antara jumlah yang tertera di dus surat suara dengan perhitungan riil, adanya beberapa surat suara yang rusak, dan belum terdistribusinya surat suara dari perusahaan percetakan.

”Oleh karenanya, kami dari Bawaslu Jateng meminta KPU Jateng agar segera memenuhi kekurangan surat suara itu. Sesuai ketentuan surat suara seharusnya sudah terkirim secara lengkap ke kabupaten/kota paling lambat 30 Maret 2019," terang Anik.

Beberapa kabupaten/kota yang surat suara belum lengkap terbanyak antara lain Sukoharjo 878.111 surat suara, Wonogiri 453.449 surat suara, Sragen 322.941, Grobogan 241.565, Boyolali 217.408, dan Kabupaten Magelang 173.772.

Adapun kabupaten/kota lainnya surat suara belum lengkap dengan jumlah kisaran puluhan ribu surat suara. Kebutuhan jumlah surat suara di Jateng untuk Pemilu 2019 mencapai 142 juta surat suara.  Adapun jenis kekurangan pengiriman surat suara sangat bervariasi. Tapi, paling banyak adalah surat suara untuk DPRD kabupaten/kota. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).

Tanpa Ampun, 264 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Pos Cemoro Sewu Magetan

Sebanyak 254 kendaraan yang kebanyakan sepeda motor dipaksa putar balik di pos penyekatan Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

SM dan YG Entertaintment Terlempar dari Saham Blue-Chip Korea, Ini Sebabnya

Dua dari tiga raksasa perusahaan hiburan di Korea yaitu SM serta YG Entertaintment tidak lagi masuk ke dalam klasifikasi blue-chip di perdagangan saham Korea.

Bagaimana Hukum Zakat Fitrah Bagi yang Tidak Mampu?

Bagaimana hukum membayar zakat fitrah bagi orang yang tidak mampu? Begini penjelasan dan jawaban dari Nahdlatul Ulama atau NU.

Inilah Kisah 3 Kerajaan Makhluk Gaib di Jembatan Comal Pemalang

Kisah ambruknya Jembatan Comal ini rupaya dianggap tidak wajar oleh masyarakat sekitar sehingga dikaitkan dengan kejadian mistis.

Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam di Madiun Naik Jadi Rp36.000/Kg

Harga daging ayam di Kota Madiun fluktuatif selama Ramadan. Namun menjelang Lebaran ada kenaikan harga.

10 Berita Terpopuler : Pekerja di Boyolali Protes Gaji & THR Dicicil - Mudik Lokal Dilarang

Akasi unjuk rasa pekerja di Boyolali hingga pemerintah melarang mudik lokasi menjadi berita terpopuler Solopos.com Jumat pagi.

Jelang Lebaran, Kasus Positif Covid-19 di Ponorogo Capai 3.664 Orang

Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ponorogo tembus di angka 3.664. Pada Kamis (6/5/2021), ada penambahan sebelas kasus positif Covid-19.

Ada Sanksi Bagi Pelanggar Larangan Mudik, Apa Itu?

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyebut bakal ada sanksi bagi pelanggar larangan mudik. Kira-kira apa ya?