SOLOPOS.COM - Ilustrasi mobilToyota Avanza Veloz. (www.toyota.astra.co.id)

Pemkab Karanganyar membagikan mobdin baru untuk para camat.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar mendistribusikan mobil dinas baru untuk 17 camat setempat. Setiap camat mendapatkan satu unit Avanza Veloz warna hitam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Informasi yang dihimpun , harga satu unit Avanza Veloz Rp215 juta. Total dana membeli 17 unit mobil dinas Camat Rp3,6 miliar. Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan mobil dinas baru secara bertahap.

Pagi ini, Senin (12/2/2018), Bupati menyerahkan mobil baru kepada empat camat, yakni Camat Jenawi, Camat Colomadu, Camat Ngargoyoso, dan Camat Jatiyoso. Penyerahan mobil dinas di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Karanganyar seusai apel pagi.

Kepala BKD Karanganyar, Sumarno, menuturkan Pemkab mengadakan mobil dinas Avanza Veloz melalui e-katalog.

“Tadi datang empat unit. Ini baru saja datang tiga unit. Jadi tujuh unit. Bertahap karena lagi digolekke barange [mobil]. Kami usahakan pendistribusian mobil dinas untuk camat selesai bulan ini [Februari],” kata Sumarno saat dihubungi, Senin.

Sumarno menyampaikan mobil dinas sebelumnya akan dialokasikan untuk pejabat lain yang belum memiliki mobil dinas, contohnya kepala bidang (kabid). “Dipakai pejabat lain yang belum dapat [mobil dinas]. Misalnya kabid itu kan belum dapat,” tutur dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta camat segera menyerahkan mobil dinas yang lama untuk diinventarisasi kembali. “Dapatnya mobil ini supaya penyerapan anggaran cepat. Mobil dinas yang lama serahkan supaya diinventaris. Setelah itu dapat didistribusikan ke pejabat lain yang membutuhkan kendaraan operasional,” ujar Yuli, sapaan akrabnya, saat memberikan sambutan.

Sebelumnya, Pemkab membagikan mobil dinas baru untuk sepuluh pejabat eselon III atau kepala bagian (Kabag) di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Rabu (31/1/2018).

Pemkab mengalokasikan Rp2,2 miliar untuk pengadaan sepuluh unit mobil dinas Toyota Avanza seri G. Harga satu unit Rp197 juta. Sisa anggaran dikembalikan ke kas daerah.

Saat itu Yuli menyangkal pembagian mobil dinas sebagai salah satu agenda politik. Menurut dia, pembagian mobil dinas sudah dibahas dan dituangkan pada APBD Karanganyar. Dia menyampaikan peremajaan mobil dinas untuk menunjang kinerja para pejabat agar lebih efisiensi menjalankan tugas, pokok, dan fungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya