17 Bus Mudik Gratis Tiba di Klaten Setelah 14 Jam Perjalanan

Ratusan pemudik mulai berdatangan di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Jumat (29/4/2022) dini hari. Mereka menumpang angkutan mudik gratis yang disediakan pemerintah.

 Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, memasang stiker angkutan mudik gratis pada salah satu bus yang disiapkan pemkab untuk menjemput para pemudik di Jakarta, Rabu (27/4/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, memasang stiker angkutan mudik gratis pada salah satu bus yang disiapkan pemkab untuk menjemput para pemudik di Jakarta, Rabu (27/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN — Ratusan pemudik mulai berdatangan di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Jumat (29/4/2022) dini hari. Mereka menumpang angkutan mudik gratis yang disediakan pemerintah.

Para pemudik itu berdatangan sekitar pukul 01.30 WIB. Ada 17 bus angkutan mudik gratis yang tiba di terminal, Jumat dini hari.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Belasan bus mudik gratis itu difasilitasi dari Pemkab Klaten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), serta Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Ratusan pemudik itu tiba di Klaten setelah menempuh perjalanan lebih dari 14 jam. Belasan bus diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (28/4/2022) pukul 11.30 WIB. Kedatangan mereka meleset dari perkiraan awal yang tiba di Klaten sekitar pukul 20.00 WIB.

Pejabat Pengelola Informasi Terminal Ir. Soekarno Klaten, Saryana, mengatakan masih ada bus mudik gratis yang bakal tiba di terminal. Masih ada sekitar delapan bus mudik gratis dari Kemenhub yang baru diberangkatkan pada Jumat pagi.

Baca Juga: Truk Galian C Dilarang Beroperasi 11 Hari, Pengusaha: Sebenarnya Berat

“Informasinya baru diberangkatkan pagi ini. Kalau lancar, sampai Klaten Jumat malam,” kata Saryana kepada Solopos.com, Jumat.

Tol Cikampek

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, membenarkan kedatangan para peserta mudik gratis meleset dari perkiraan awal. Kondisi itu dipengaruhi beberapa faktor yakni keterlambatan pemberangkatan. Bus juga sempat terjebak kemacetan saat menuju Tol Cikampek.

“Di Tol Cikampek hampir sampai pukul 17.00 WIB. Kondisi arus lalu lintas paadat dan menunggu pembukaan arus one way. Setelah keluar dari Tol Cikampek perjalanan relatif lancar,” kata Supriyono.

Baca Juga: Hati-Hati Lur! 10 Perlintasan KA di Klaten Ini Tanpa Palang Pintu

Dia membenarkan masih ada angkutan mudik gratis yang bakal sampai ke Terminal Ir. Soekarno Klaten. Hanya, dia belum bisa memastikan kedatangan bus mudik gratis tersebut.

“Itu langsung dikelola dari Kemenhub,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

Tahap I, Boyolali Peroleh 1.900 Dosis Vaksin dari Kementan

Kabupaten Boyolali mendapatkan dropping 1.900 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dari Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (24/6/2022) sore.

Misterius! Sungai Mungkung Sragen Tercemar Berat, Pemerintah Cari Tahu

DLH Kabupaten Sragen menyebut tingkat pencemaran di Sungai Mungkung Sragen cukup berat apabila dibandingkan dengan sungai lain di Kabupaten Sragen.

Vaksinasi PMK Boyolali Dimulai Besok, Sapi Perah Jadi Prioritas

Vaksinasi menanggulangi persebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali dimulai, Senin (27/6/2022). Vaksinasi PMK di Boyolali diperkirakan akan diselesaikan dalam dua hari.

Lepas 111 Calhaj Menuju Donohudan, Ini Pesan Wabup Boyolali

Pemkab Boyolali melepas 111 calon jemaah haji (calhaj) di kompleks Kantor Bupati Boyolali, Minggu (26/6/2022) pagi.

Karanganyar Akan Terima 2.000 Dosis Vaksin PMK, Sapi Ini Jadi Prioritas

Kabupaten Karanganyar akan mendapatkan alokasi 2.000 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku atau PMK.

Cerita Bocah Pemulung Cilik Solo: Cari Rongsokan Sejak Usia 3 Tahun

Bocah pemulung cilik di Solo menceritakan kisahnya ikut mencari rongsokan sejak berusia tiga tahun.

Geronjal! Jalan di Palang Sepur Dagen Berbatu & Sempit

Kondisi palang sepur di Desa Dagen, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, terus menjadi keluhan warga.

Bupati Karanganyar: Palang Sepur Dagen Sering Macet, Dibaikan PT KAI

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, curhat keluhannya tentang palang sepur Dagen selama tujuh tahun terakhir diabaikan PT KAI.

Ribuan Honda CB Nangkring di Terminal Tirtonadi Solo, Ngapain Ya?

Ribuan sepeda motor Honda CB memenuhi di kawasan Terminal Tirtonadi Kota Solo, Minggu (26/6/2022).

Mau Keliling Soloraya Naik Bus Wisata Solo? Segini Tarifnya

Tarif menyewa bus wisata Dishub Solo untuk berwisata keliling Soloraya ternyata cukup ramah di kantong.

Kronologi Bus Tabrak Warung di Tawangmangu: Rem Blong dari Magetan

Kronologi kecelakaan bus tabrak warung di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022) terjadi akibat rem blong sejak dari Magetan, Jawa Timur.

Gaji ke-13 Segera Cair Lur, DPRD dan PPPK Karanganyar Juga Dapat

Komponen gaji ke-13 adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan beras, dan tunjangan PPh, tanpa potongan.

Kecelakaan di Sukoharjo Tinggi, Sopir Ambulans Dibekali PPGD, Apa Itu?

Ketua umum Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu (FAST), Wirawan Setiadi, mengatakan perlunya pengemudi ambulans mengetahui penanganan korban lakalantas dengan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).

Begini Kronologi Pegowes Asal Solo Meninggal di Karangpandan

Korban meninggal dunia diduga mengalami serangan jantung.

Nenek Hilang Diduga Hanyut di Sungai Mungkung Sragen, Ini Ciri-Cirinya

Ini ciri-ciri nenek-nenek yang hilang diduga hanyut di Sungai Mungkung Sragen.