SOLOPOS.COM - Jumlah penumpang Batara Kresna melonjak pada hari H Lebaran, Rabu (6/7/2016). (Muhammad Ismail/JIBI/Solopos)

Tak hanya tiket KA Prameks dan Kalijaga, railbus Batara Kresna juga digratiskan pada Kamis (17/8/2017).

Solopos.com, SOLO — Tak hanya tiket Kereta Api (KA) Prameks dan Kalijaga, tiket railbus Batara Kresna untuk perjalanan Solo-Wonogiri pergi pulang (PP) juga bakal digratiskan pada Kamis (17/8/2017) untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, promo tiket gratis yang berlaku untuk 11.060 kursi di PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta ini juga untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi massal ini. Di tingkat Nasional, ada 33 KA lokal dengan 199 perjalanan dan 918 perjalanan KRL yang tiketnya digratiskan. Total tiket yang digratiskan untuk 1.216.349 orang yang terdiri atas 150.827 penumpang KA lokal dan 1.065.522 penumpang untuk KRL.

Khusus di PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta yang disediakan sekitar 11.060 kursi yang terdiri atas 9.000 kursi Prameks, 1.460 kursi Kalijaga, dan 600 kursi Batara Kresna. Masyarakat bisa mendapatkan tiket gratis secara go show dengan datang langsung di loket penjualan stasiun. Penjualan dibuka tiga jam sebelum keberangkatan.

Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan sejak 7 Agustus pemesanan tiket KA lokal sudah ditutup untuk keberangkatan Kamis. “Bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli bisa melakukan refund dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass KA lokal. Proses refund dilayani pada Kamis-Jumat [17-18/8/2017] hingga pukul 18.00 WIB di loket stasiun kedatangan,” kata dia saat dihubungi , Selasa (15/8/2017).

Meski gratis tapi demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang selama perjalanan, KA lokal tetap mengangkut sesuai dengan batas kapasitas maksimum yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No.8/2001 tentang Angkutan Kereta Api dengan batas maksimal load factor 150%.

“Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan KA lokal dan komuter secara gratis harus mengikuti ketentuan yang berlaku bagi KA lokal dan KRL. Keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan, baik saat mengantre tiket maupun dalam perjalanan,” ujar Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya