167 Sepeda Motor Mangkrak di Parkiran Gedung Setda Sukoharjo
Bekas motor dinas kades dan lurah di Kabupaten Sukoharjo mangkrak di parkiran gedung Setda setempat, Selasa (14/1/2020). (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebanyak 167 sepeda motor bekas kendaraan dinas kepala desa dan lurah di Kabupaten Sukoharjo mangkrak di parkiran gedung Setda setempat.

Keberadaan bekas motor dinas ini teronggok di parkiran setelah para kades dan lurah mendapatkan motor dinas baru berupa Yamaha NMax.

Kepala Bidang (Kabid) Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Sukoharjo Sujarwo mengatakan saat ini Pemkab Sukoharjo tengah menyiapkan proses lelang motor Honda Supra dan Suzuki Shooter tersebut. Sebelum dilelang akan dilakukan penghapusan aset.

"Bekas motor dinas kades dan lurah akan dilelang. Motor itu sudah tidak terpakai karena kades dan lurah sudah mendapat motor dinas baru Yamaha NMax," kata dia, Selasa (14/1/2020).

Lelang akan dilaksanakan Pemkab Sukoharjo dengan melibatkan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Keterlibatan KPKNL dilakukan sesuai ketentuan berlaku dalam proses lelang.

Eks Karyawan BKK di Wonogiri Korupsi Rp2,7 Miliar, Alasannya Untuk Digandakan ke Dukun

Ditanya kapan lelang akan dilakukan, dia mengatakan masih menunggu proses penghapusan aset selesai. Selain itu juga menunggu proses kelengkapan surat kendaraan bermotor terpenuhi.

Di antara 167 unit motor itu, ada yang belum memenuhi kelengkapan surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

"Kami juga akan mengecek kelengkapan nomor mesin dan nomor rangka sebelum dilakukan penghapusan aset," katanya.

Menurutnya kelengkapan itu penting sebagai syarat proses lelang kendaraan. Kendaraan yang akan dilelang harus jelas asal usulnya serta kelengkapan administrasinya.

“Penghapusan aset telah kami usulkan sejak akhir 2019 ke KPKNL Surakarta dan bekas motor dinas kades dan lurah akan dilelang. Jadi tinggal tunggu tanggalnya,” jelasnya.

Sujarwo mengatakan proses lelang akan dilakukan secara menyeluruh. Tidak dilakukan secara bertahap sehingga tidak ada aset daerah berupa kendaraan bermotor yang mangkrak terlalu lama.

Seperti diketahui, motor dinas kades dan lurah diganti dengan motor baru pada September 2019 lalu. Motor dinas baru untuk kades, lurah, dan camat berupa Yamaha NMax.

Ojek Online BeUjek Mulai Rekrut Driver di Soloraya, Minat?

Selain motor dinas baru Yamaha NMax, Pemkab sebelumnya juga membagikan enam unit mobil Toyota Fortuner TRD untuk jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat. Kendaraan tersebut sebagai operasional pejabat bersangkutan.

Kades Grogol, Kecamatan Weru, Heri Putut mengatakan kendaraan dinas baru bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan pemerintah desa ke masyarakat. Selama ini pemerintah desa mendapatkan satu unit motor Suzuki Shooter FV 110 LE sebagai kendaraan dinas.

"Dengan kendaraan dinas baru akan menjadi inventarisasi desa dan sangat membantu kerja kepala desa dan pemerintah desa dalam pelayanan ke masyarakat," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho