SOLOPOS.COM - Warga melihat mobil off road mencoba menaklukkan medan di Karangmiri, Mulusan, Paliyan, Jumat (30/5/2014). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

GUNUNGKIDUL-165 mobil off road memeriahkan event tahunan Jogjakarta Off Road Challenge (JORC) III yang digelar di Gunungkidul, Jumat-Minggu (30/5-1/6/2014).

Ketua Panitia JORC III Rizal Umarela menuturkan 165 mobil off road berasal dari 56 tim. Setiap tim maksimal mengirimkan tiga mobil. Event ketiga ini sengaja digelar di Gunungkidul lantaran Bumi Handayani baru saja berulang tahun. JORC I digelar di Kulonprogo sedangkan JORC II digelar di Bantul.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kegiatan rutin ini kami lakukan juga untuk edukasi kepada off roader terutama bagaimana berhubungan dengan masyarakat. Jalan-jalan mana saja yang bisa dilalui selama country road,” imbuh dia di Halaman Pemkab Gunungkidul, Jumat (30/5/2014).

Kesulitan pelaku off road di Jawa yakni banyak lahan yang sudah jadi pemukiman. Area untuk ber-off road ria pun terbatas. Melalui event ini diharapkan para off roader mengenal masyarakat dan lingkungan dengan lebih baik lagi dan mengetahui jalur mana saja yang bisa dilalui.

Untuk menyukseskan event tersebut, panitia telah menyiapkan dia trek yakni di Gedangsari (trek A) dan Paliyan (trek B). Setiap trek memiliki total panjang 60 km. Satu kendaraan memerlukan waktu sekitar 15 jam bahkan lebih untuk menyelesaikan trek.

165 tim dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing kelompok menghabiskan satu trek di hari pertama dan akan bertukar trek di hari berikutnya. Para offroader pun disajikan trek dengan 80% handicap.

“Jalurnya berhubungan dengan badan air, lumpur, ceruk V. Aspalnya hanya 20%,” ungkap dia.

Para peserta berasal dari seluruh Indonesia. Bahkan ada yang datang jauh-jauh dari Kalimantan Timur. Para peserta telah mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Salah satunya dari Bandoker Surabaya.

Salah satu driver dari tim Bandoker Surabaya, Jiang mengaku sudah mempersiapkan diri satu bulan sebelumnya.

“Kami senang bisa ikut ajang ini karena sudah hobby off road,” kata pria berusia 51 tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya