162 Calhaj Wonogiri Mulai Menuju Embarkasi Donohudan Boyolali

Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore.

 Sejumlah bus berisi 162 Calhaj Wonogiri diberangkatkan ke Embarkasi Haji di Boyolali dari pendapa Rumdin Bupati Wonogiri, Kamis (30/6/2022). Setelah di embarkasi, para calhaj melanjutkan perjalanan menuju Makkah, Arab Saudi untuk beribadah haji. (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

SOLOPOS.COM - Sejumlah bus berisi 162 Calhaj Wonogiri diberangkatkan ke Embarkasi Haji di Boyolali dari pendapa Rumdin Bupati Wonogiri, Kamis (30/6/2022). Setelah di embarkasi, para calhaj melanjutkan perjalanan menuju Makkah, Arab Saudi untuk beribadah haji. (Solopos.com/Luthfi Shobri M)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 162 calon jemaah haji (calhaj) asal Kabupaten Wonogiri mulai menuju Embarkasi Haji Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Kamis (30/6/2022) sore. Para calhaj berangkat dari pendapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Wonogiri.

Seratusan calhaj itu terdiri dari 160 jemaah haji reguler dan dua petugas haji daerah. Rincian petugas haji daerah itu meliputi satu petugas kesehatan dan satu petugas pelayanan umum.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Sebelum berangkat ke tanah suci, mereka memperoleh pembekalan dari Wakil Bupati (Wabup) Wonogiri, Setyo Sukarno yang mewakili Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Setyo Sukarno mengatakan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, merupakan ibadah yang diikuti umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Mereka datang dengan berbagai kultur, adat, budaya, yang beraneka ragam.

Segenap calhaj Kabupaten Wonogiri diharapkan senantiasa menjaga kesopanan dalam berinteraksi dengan sesama calhaj lainnya.

Baca Juga: Ini Kuota Calhaj Wonogiri yang Berangkat Tahun 2022, Berapa Ya?

“Bapak ibu sekalian adalah duta bangsa sehingga sangat perlu menjaga sikap dan tutur kata yang baik,” kata Setyo kepada seluruh calhaj yang hadir di pendapa Rumdin Bupati Wonogiri.

Setyo Sukarno juga mengingatkan ibadah haji di tahun ini dihadapkan dengan tantangan yang sangat berat. Sebab dilakukan bersamaan dengan datangnya musim panas yang luar biasa.

Suhu di Tanah Suci nantinya diperkirakan lebih tinggi dibanding suhu di Indonesia. Kondisi itu layak disebut sebagai kondisi ekstrem yang harus dihadapi segenap jemaah dan petugas pendamping.

“Sangat penting untuk selalu mengikuti petunjuk dan bimbingan yang disampaikan oleh para pendamping dan tim kesehatan. Menjaga kesehatan fisik selama berhaji. Dalam situasi yang ekstrem tersebut akan menjadi penentu kualitas dan kekhusukan dalam menjalankan ibadah haji,” katanya.

Baca Juga: Pemberangkatan Haji Ditunda Lagi, Calhaj Wonogiri Pasrah

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wonogiri, Anif Solikhin, berterima kasih kepada Pemkab Wonogiri yang telah membiayai sesi pemberangkatan calhaj ke Embarkasi Haji Boyolali. Sumber anggaran berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022.

Sebanyak 162 calhaj sudah dalam kondisi sehat. Selain dinyatakan sehat, sebanyak 162 calhaj tersebut dipastikan negatif Covid-19 oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri.

“Pembagiannya [calhaj Wonogiri] terdiri 79 jemaah laki-laki dan 83 jemaah perempuan. Jemaah haji termuda di Wonogiri berusia 35 tahun dan yang tertua, yakni 64 tahun. Semua sudah mendapat vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dan booster serta vaksin meningitis,” kata dia.

Seusai dilepas sekitar pukul 16.15 WIB, rencananya para calhaj diterima panitia haji di Embarkasi Haji Donohudan Boyolali, pukul 19.00 WIB.

Baca Juga: 158 Calhaj Wonogiri Ikuti Manasik Haji, Kapan Berangkat?

Setelah itu, seluruh calhaj Wonogiri yang pemberangkatannya masuk di kloter 41 akan diberangkatkan dari Indonesia menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (1/7/2022) pukul 18.55 WIB. Diperkirakan, para calhaj Wonogiri sampai di Arab Saudi keesokan harinya, Sabtu (12/8/2022) pukul 03.50 waktu setempat.

Pascagelaran ibadah haji rampung, 162 calhaj tersebut dijadwalkan kembali ke Indonesia, Jumat (12/8/2022) pukul 05.05 waktu setempat. Selanjutnya, tiba di Embarkasi Haji Donohudan Boyolali pada hari yang sama, pukul 22.00 WIB.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).