SOLOPOS.COM - Ilstrasi/dok

Ilstrasi/dok

KULONPROGO—Sebanyak 16 dari 18 partai politik rekomendasi Dewan Kehormatan Pelaksana Pemilu (DKPP) tidak memenuhi syarat mengikut pemilu 2014. Suara ketidakpuasan dari parpol yang tidak lolos menyeruak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KPUD Kulonprogo, Siti Ghoniyatun dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil verifikasi faktual parpol peserta pemilu 2014 mengatakan, sebagian besar parpol hasil rekomendasi DKPP tidak memenuhi syarat batas minimal keanggotaan. Adapula kepengurusan hingga domisili kantor sesuai dengan berkas yang dikirimkan KPU Pusat dinyatakan tidak cocok.

“Hanya ada dua parpol yang lolos verifikasi faktual. Sedangkan 16 parpol lainnya tidak memenuhi syarat,” katanya seusai memimpin rapat pleno di Hotel Kusuma, Wates, Sabtu(29/12/2012) Siang.

Setelah KPUD memverifikasi faktual ke masing-masing partai, petugas banyak menemukan ketidaksamaan data antara dokumen yang dikirimkan oleh KPU Pusat dengan yang ada di lapangan. Banyak kepengurusan dan keanggotaan parpol yang tidak sesuai. Batas minimal 46 anggota parpol banyak yang tidak bisa dipenuhi pengurus parpol. Selain itu banyak domisili kantor yang tidak jelas.

Dari 34 parpol yang diverifikasi, baik rekomendasi DKPP maupun verifikasi KPU Pusat, hanya ada 13 parpol di Kulonprogo yang dinyatakan lolos untuk mengikuti pemilihan umum 2014 mendatang. Parpol tersebut di antaranya NasDem, PDIP, PKB, Hanura, PAN, Golkar, PKS, Gerindra, Partai Demokrat, PPP, PPN, PKPB dan PKNU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya