SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MEXICO CITY--16 Orang tewas tertembak terkait perang antar geng di Provinsi Veracruz, Meksiko. Lima pria tidak dikenal secara tiba-tiba menyerang beberapa orang warga kota sebelum akhirnya ditembak mati oleh pasukan keamanan.

Seorang juru bicara pemerintah mengatakan, lima orang pria bersenjata membunuh empat orang di Kota El Higo dan kemudian menyerang tiga bus di sekitar wilayah pelabuhan Tampico, menewaskan tujuh orang lainnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seperti diberitakan al-Jazeera, Jumat (23/12/2011), kelima orang tersebut akhirnya tewas setelah terjadi baku tembak dengan pasukan keamanan peemrintah. Motif penembakan tersebut masih belum jelas.

Penembakan tersebut dilakukan setelah sehari sebelumnya pemerintah membubarkan kepolisian di Kota Veracruz.

Pembubaran itu merupakan bagian dari upaya Meksiko untuk membasmi korupsi dan melakukan penegakan hukum di wilayah setempat. Sekitar 1.000 polisi untuk sementara waktu digantikan oleh pasukan angkatan laut di Veracruz.

Pada akhir September dan awal Oktober, hampir 100 mayat dibuang di kota Veracruz selama perang melawan kelompok narkoba yang mendorong pemerintah federal untuk mengirimkan bala bantuan.

Pejabat pemerintahan menyalahkan pertumpan darah tersebut terkait perang dengan raja obat bius, Joaquin “Shorty” Guzman dengan kartel Zetas. Lebih dari 45.000 orang telah tewas sejak Presiden Felipe Calderon melancarkan perang terhadap kartel obat bius pada akhir tahun 2006.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya