SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Surabaya–Sebanyak 16 orang lanjut usia (lansia) akan bersepeda dari Jakarta – Surabaya dengan menempuh jarak sejauh 815 kilometer guna menyemarakkan Dies Natalis ke-50 tahun atau Dies Natalis Emas ITS Surabaya.

“Kegiatan yang didukung penuh oleh IKA (ikatan alumni) ITS Jatim, IKA ITS Jakarta dan IKA ITS Jateng itu bertujuan memasyarakatkan pola hidup yang hemat dan sejahtera, yakni budaya bersepeda,” kata ketua pelaksana, Ir Gunawan, di Surabaya, Selasa (2/11).

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Kegiatan yang juga menyemarakkan Hari Pahlawan itu digagas, katanya, karena manusia idealnya harus berjalan kaki sejauh 3,2 kilometer per hari, namun faktanya manusia sekarang hanya berjalan dalam jarak 500 meter per hari dan memakai sepeda motor.

“Nantinya, tim itu akan memulai perjalanan mulai Minggu (7/11) sampai Minggu (14/11) mendatang,” kata ketua pelaksana yang juga akan bersepeda.

Rencananya, mereka diberangkatkan tepat pukul 06.00 WIB dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta.  Menurut dia, perjalanan akan memakan waktu selama tujuh hari dengan rata-rata jarak tempuh per hari mencapai lebih dari 100 kilometer dengan kecepatan 15-20 kilometer/jam.

“Jarak terjauh terjadi pada tanggal 13 November di kala tim menembus jarak Cirebon-Pekalongan sejauh 136 kilometer,” katanya.

“Rata-rata dari anggota tim memang sudah terbiasa bersepeda jarak jauh,” kata Gunawan yang berumur 62 tahun dan memulai bersepeda setelah dokter memvonis terkena lemah jantung dan harus dioperasi.

“Yang jelas, kami mengampanyekan hidup sehat dan hemat di kota-kota yang akan kami lewati mulai dari Jakarta, Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang, Kudus, Pati, Rembang, Tuban, Gresik, dan ‘finish’ di Surabaya,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya