SOLOPOS.COM - Robin van Persie (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, FORTALEZA –Tim paling produktif di Piala Dunia 2014 akan menghadapi kiper terbaik di turnamen ini saat Belanda menghadapi Meksiko pada babak 16 besar di Stadion Castelao, Fortaleza, Minggu (29/6/2014) pukul 23.00 WIB.

Jika Belanda yang agresif dan moncer mendulang gol ingin melangkah ke perempat final, mereka harus mampu menaklukkan Guillermo Ocha, kiper Meksiko yang sejauh ini sangat tangguh menjaga gawangnya. Dalam tiga pertandingan yang dijalani Meksiko di Grup A, Ochoa baru kebobolan sebiji gol dan itu terjadi saat Kroasia mengemas gol telat via Ivan Perisic dalam kemenangan Meksiko 3-1 di laga terakhir grup.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Ochoa membuat Samuel Eto’o mati kutu saat El Tri, julukan Meksiko, mengalahkan Kamerun 1-0. Pada laga berikutnya, kiper 28 tahun ini membuat striker Brasil, Neymar, frustrasi. Dia melakukan dua kali penyelamatan spektakuler dari percobaan gol Neymar dan percobaan Thiago Silva yang memberi Meksiko hasil imbang tanpa gol lawan Brasil.

Ekspedisi Mudik 2024

Ochoa kini dihadapkan dengan tugas yang lebih berat, mengadang trio bintang Belanda, Arjen Robben, Wesley Sneijder, dan Robin van Persie, yang kembali diturunkan setelah menjalani skors satu laga. “Kami menghormati [Belanda] seperti halnya tim lainnya, kami tahu mereka merupakan salah satu tim favorit pemenang turnamen ini. Namun itu tidak membuat kami takut, itu justru memotivasi kami,” ujar Ochoa dilansir Foxnews, Sabtu (28/6). “Jika kami bisa mengalahkan mereka, kami akan melaju sangat jauh,” imbuh Ochoa.

Skuat De Oranje, julukan Belanda, sejauh ini menjadi tim paling produktif mengemas gol dengan koleksi 10 gol, termasuk lima gol ke gawang tim juara bertahan yang sudah angkat kaki dari Brasil, Spanyol. Kembalinya Van Persie dipercaya akan membuat barisan serang Belanda semakin mematikan bersama Robben.

“Sekarang fase knock out. Mereka [Meksiko] bermain sangat bagus dan tidak terkalahkan di grup. Bahkan tim tuan rumah tak mampu mencetak gol lawan mereka. Hal itu memperlihatkan kemampuan mereka,” kata Van Persie dilansir Soccerway.

“Terlebih lagi mereka akan bermain di kondisi yang sangat akrab dengan mereka. Kami harus lebih waspada dan harus siap menghadapi situasi seperti ini. Kami harus meminimalkan kesalahan kami dan berusaha memanfaatkan kesalahan tim lawan,” sambung Van Persie.

Striker yang berubah posisi menjadi bek sayap, Dirk Kuyt, yakin para penyerang Belanda mampu menemukan cara untuk melewati Ochoa di Fortaleza. “Kami tahu kekuatan di tim ini. Kami memiliki pemain sayap cepat Arjen Robben juga memiliki Robin van Persie. Dalam pandangan saya Wesley Sneijder merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Jadi kami ingin menggunakan kekuatan-kekuatan itu,” kata Kuyt.

Kedua tim pernah enam kali bertemu. Belanda tiga kali menang dan Meksiko dua kali menang sementara satu pertemuan lainnya berakhir imbang. Dalam enam pertemuan itu tercipta 22 gol di mana masing-masing tim mengemas 11 gol. Pertemuan terakhir mereka di Piala Dunia terjadi di 1998 dengan hasil imbang 2-2.

Bagi Meksiko, ini merupakan kali keenam beruntun mereka lolos ke babak 16 besar. Namun langkah mereka selalu terhenti di sini. Kali ini pasukan besutan Miguel Herrera itu bertekad menghentikan tren itu dengan melangkah ke perempat final untuk kali ketiga dalam sejarah keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

“Kami bicara bukan hanya mengenai mengalahkan Belanda, kami ingin mengalahkan semua tim hebat dan bermain bukan hanya dalam lima pertandingan, kami ingin memenangi semuanya,” kata bek Meksiko, Miguel Layun.

“Mereka [Belanda] tim hebat yang empat tahun lalu bermain untuk memperebutkan gelar juara dunia dan mereka kandidat juara di sini. Namun jika kami bisa memenangi pertandingan ini, kami yakin akan melambung tinggi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya