SOLOPOS.COM - Menteri BUMN Erick Thohir dan Menhub Budi Karya Sumadi duduk di kereta kuda saat simulasi kirab pengantin Kaesang-Erina di Jl. Slamet Riyadi, Solo, Minggu (27/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO — Belasan ribu paket makanan dan suvenir gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat saat acara kirab nikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono akan tersedia di dua lokasi area Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (11/12/2022) pagi.

Dua lokasi tersebut yakni di pojokan Taman Sriwedari atau dekat dengan tulisan I Love Solo dan Ngarsapura. Menteri BUMN yang juga salah satu panitia pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir, menjelaskan total ada 16.000 paket makanan gratis yang disediakan di dua lokasi tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Masing-masing lokasi pembagian makanan gratis ada delapan tenda dengan tiap tenda menyajikan menu yang berbeda. Setiap tenda ada 1.000 paket sehingga totalnya ada 16.000 paket makanan.

Sedangkan menu makanan gratis pesta nikahan Kaesang itu antara lain ada dari Sang Pisang dan Mangkokku. Meski sudah mengungkapkan lokasinya, Erick belum mau menyebut waktu pembagian makanan itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia hanya menekankan warga untuk tertib saat mengambil makanan dan tidak berebutan. “CFD [Car Free Day] kan sudah ramai. Nantinya tenda ada pagarnya, semua antre. Kalau rebutan bukan masyarakat Solo, masyarakat Solo itu antre,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di Solo, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Pesta Besar! 16.000 Paket Makanan Dibagikan Gratis saat Nikahan Kaesang di Solo

Tak lupa Erick mengingatkan warga yang mendapatkan makanan gratis tersebut agar membuang sampah pada tempatnya. “Sampahnya harus masukkan trash bag [tempat sampah],” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan penyediaan makanan gratis untuk warga yang menonton kirab nikahan Kaesang tidak hanya melibatkan perusahaan milik keluarga Presiden Jokowi.

Panggung Hiburan

Penyediaan makanan itu juga melibatkan UMKM binaan. Gibran yang juga menjadi juru bicara pernikahan Kaesang dengan Erina mengatakan makanan gratis dibagikan pada jalur CFD khususnya jalur kirab.

Baca Juga: Gratis! Makanan Dibagikan Sepaket dengan Suvenir saat Kirab Pernikahan Kaesang

“Yang sepanjang CFD dari perusahaan sendiri dan binaan UMKM kami. Perusahaan kami kan ada binaan UMKM,” kata dia ditemui wartawan.

Sementara itu, selain makanan gratis, pengunjung CFD saat kirab nikahan Kaesang, Minggu pagi juga akan dihibur dengan pertunjukan seni musik dan karawitan. Sembilan seniman dan kelompok seniman telah dipilih untuk mengisi sembilan panggung yang didirikan sepanjang rute kirab.

Pengisi panggung hiburan itu yakni Sanggar Karawitan di Loji Gandrung, Keroncong Sawunggaling di Pertigaan Sriwedari, Andre & Friend Bands di Plaza Sriwedari, Orkes Kampung Latar Jembar di Danar Hadi.

Baca Juga: Catat! Ini Lokasi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di CFD Solo

Kemudian Rimanz Pitoe di Halte Bus Timuran, Java El Mariachi (Pecel Solo) di Pertigaan CIMB Niaga, Komunitas Keroncong Muda Solo di Perempatan Ngarsapura. Lalu Sanggar Karawitan Gedhing Kuning di Pasar Triwindu dan Keroncong De Java di Pemaden Pura Mangkunegaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya