153 Pedagang Malam Gairahkan Ekonomi di Pasar Gemolong 2 Sragen

Pasar Gemolong 2 cukup ramai, terutama pada malam hari setelah pengelola pasar memindah 153 pedagang malam ke pasar tersebut.

 Aktivitas jual beli di Pasar Gemolong 2 yang jadi tempat jualan bagi 153 pedagang malam. (Istimewa-Harjono)

SOLOPOS.COM - Aktivitas jual beli di Pasar Gemolong 2 yang jadi tempat jualan bagi 153 pedagang malam. (Istimewa-Harjono)

Solopos.com, SRAGEN — Perekonomian di Pasar Gemolong 2 Sragen kembali bergairah setelah pasar itu sempat mangkrak selama bertahun-tahun. Pasar itu bahkan sempat diubah peruntukannya sebagai terminal angkutan pedesaan.

Namun sejak 25 Agustus 2021 lalu, Pasar Gemolong 2 cukup ramai, terutama pada malam hari. Hal itu setelah pengelola pasar memindah 153 pedagang malam yang sebelumnya menempati lahan parkir timur RSUD dr. Soeratno Gemolong, tepatnya di selatan Pasar Gemolong 1 ke Pasar Gemolong 2.

PromosiMengenal Achmad Baiquni, Ahli Nuklir Pertama Indonesia Kelahiran Solo

“Tujuan kami memindah pedagang malam ke Pasar Gemolong 2 karena lahan parkir di selatan pasar itu punya RSUD yang akan dibangun unit pelayanan kesehatan. Pemindahan pedagang malam itu mendapat dukungan dari Bank Jateng,” papar Lurah Pasar Gemolong, Harjono, kepada Solopos.com, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Kisah Bupati Sragen Turun Tangan Jadi Vaksinator Vaksinasi Covid-19 di Desa Slendro

Sebelumnya, Pasar Gemolong 2 yang dibangun pada masa kepemimpinan Bupati Sragen Untung Wiyono sudah ditinggalkan sebagian besar pedagang karena sepi pembeli.

Lebih lajut, Harjono menerangkan pemindahan 153 pedagang malam ke Pasar Gemolong 2 itu juga bertujuan mengurai kemacetan di jalan sebelah selatan Pasar Gemolong 1. Pasalnya, sebelumnya sebagian pedagang malam menempati bahu jalan dan trotoar.

Mobil Parkir Tak Beraturan

Namun, upaya itu belum sepenuhnya berhasil karena setelah ditinggal pedagang malam, jalan itu justru menjadi lokasi parkir sebagian pedagang bermobil. Dalam hal ini, pengelola pasar sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan mobil yang parkir tidak beraturan.

Baca juga: Hendak Jual 50 Pil Psikotropika, Pemuda Sidoharjo Sragen Diringkus Polisi di Tepi Jalan

“Belum ada rambu-rambu larangan parkir sehingga lalu lintas di sana cukup ramai pada malam hari walau pedagang malam sudah dipindah,” terang Harjono.

Pada pagi hari, dari pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB, Pasar Gemolong 2 difungsikan sebagai lahan parkir pedagang dan pengunjung pasar. Mulai pukul 18.00 WIB hingga 00.00 WIB, Pasar Gemolong 2 digunakan tempat jualan pedagang kuliner.

Sementara 153 pedagang malam menempati Pasar Gemolong 2 mulai pukul 00.00 WIB hingga 07.00 WIB.

Baca juga: Kios Renteng Pasar Nglangon Sragen Dijadikan Hunian, 22 Warga Menetap

Pasar Gemolong 2 dibangun untuk memperluas area pasar induk atau Pasar Gemolong 1. Pada awal dibangun, animo pedagang yang ingin berjualan di Pasar Gemolong 2 cukup tinggi.

Meski begitu, sepinya pembeli membuat puluhan kios di Pasar Gemolong 2 akhirnya mangkrak. Denyut nadi perekonomian pun sempat mati suri selama bertahun-tahun.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Ini Daftar Wisata Candi di Klaten, dari Prambanan hingga Merak

Salah satu daya tarik Kabupaten Klaten, yakni menyimpan deretan candi bersejarah.

61 CPNS & 788 PPPK Terima SK, Bupati Sragen: Jangan Terus Beli Mobil!

Sebanyak 61 CPNS dan 788 PPPK mendapatkan SK pengangkatan, Jumat (20/5/2022), Bupati Sragen berpesan jangan menambah motor atau mengganti dengan mobil.

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.