SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Penghapusan tato secara gratis mewarnai peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Senin (22/10/2018). Kegiatan sosial itu diselenggarakan Lazisnu Temanggung.

Bersamaan upacara peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Alun-Alun Temanggung, Lazisnu membuka pendaftaran penghapusan tato yang peminatnya cukup banyak. Manajer Keuangan Lazisnu Kabupaten Temanggung Anas Ma’ruf mengatakan sedikitnya ada 150 orang yang ingin menghapus tato yang menempel di tubuh mereka.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Menurut dia, tidak hanya dari pemeluk agama Islam, peserta juga berasal dari kalangan nonmuslim, termasuk di antaranya kaum perempuan. Ia menuturkan penghapusan tato secara cuma-cuma tersebut merupakan aksi sosial oleh warga nahdliyin dalam memperingati Hari Santri Nasional.

Ia menyampaikan sumber dana yang digunakan berasal dari pengumpulan koin Lazisnu sehingga peserta yang ingin menghilangkan tato tidak dipungut biaya. Tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk membantu memudahkan masyarakat yang ingin menghapus pandangan negatif setelah memiliki tato di tubuh mereka.

“Kami hanya ingin membantu saudara-saudara kami untuk menghapuskan tato di tubuh mereka. Apalagi tato memiliki konotasi negatif. Oleh karena itu, kami fasilitasi secara gratis bagi mereka yang ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik,” katanya.

Ia mengungkapkan program penghapusan tato gratis ini baru memasuki tahap pendaftaraan sekaligus pendataan oleh pihak panitia, sedangkan pelaksanaannya akan digelar per wilayah secara berkesinambungan. “Kami menggunakan teknik khusus berupa laser untuk menghapus tato tersebut,” katanya.

Seorang pendaftar penghapusan tato, Rohmad warga Kauman, Kecamatan Kaloran, menuturkan mengikuti program penghapusan tato gratis karena dirinya sudah merasa malu memiliki tato di tubuhnya sejak 1999. Ia mengatakan ingin menghilangkan tato karena stigma negatif masyarakat yang kerap melekat pada pemilik tato seperti dirinya segera hilang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya