150 Bus Masuk Terminal Tulungagung Laik Beroperasi untuk Libur Nataru
Ilustrasi ramp check atau uji kelaikan bus. (Solopos-Dok.)

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Sekitar 150 bus yang beroperasi dan masuk Terminal Gayatri Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjelang akhir tahun 2018 ini dipastikan dalam kondisi laik jalan.

Hal itu disampaikan Kabid Keselamatan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Tulungagung Widjanarko seusai jajarannya melakukan inspeksi kendaraan secara acak bersama Satlantas Polres Tulungagung, Selasa (25/12/2018).

"Sudah diperiksa semua. Dan alhamdulillah, semua kendaraan dalam kondisi baik. Siap untuk beroperasi menyambut arus mudik/balik libur Natal dan Tahun baru," kata Widjanarko. Dia menambahkan kegiatan ramp check tak hanya dilaksanakan saat libur Natal namun telah dilakukan secara berkala, khususnya selama sepekan terakhir.

Untuk diketahui, ramp check adalah kegiatan pemeriksaan standar fungsional armada dan keselamatan berkendara. Widjanarko menjelaskan pemeriksaan kendaraan meliputi kondisi kendaraan diantaranya fungsi rem, rem tangan, lampu utama, lampu sen, kaca, kipas air, sabuk keselamatan, kondisi ban, dan sebagainya.

Selain itu, ungkap dia, petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan administrasi meliputi kelengkapan SIM untuk pengemudi, STNK, uji kir, dan trayek.

"Dalam uji kelayakan kendaraan, kami mengecek seluruh elemen kendaraan, apakah berfungsi dengan baik atau tidak," kata Widjanarko.

Lebih lanjut, Widjanarko menuturkan berdasarkan hasil pengecekan ternyata semua dalam kondisi normal, sehingga tidak ada kendaraan yang harus dikandangkan.

Tak hanya memeriksa standar kelaikan dan keselamatan armada, petugas gabungan juga memeriksa kesehatan awak bus, sopir maupun kondektur.

"Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir angkutan, serta urine para sopir, apakah mereka mengkonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba) atau tidak. Ini demi keselamatan para penumpang ketika berkendara," ujar Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat badan Narkotika Nasional (BNN) Tulungagung, Tri Arief Praharanto.

Dia menyatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan untuk kondisi sopir semuanya sehat sehingga diperbolehkan melanjutkan perjalanannya. "Pemeriksaan ini nanti akan dilakukan secara berkala hingga akhir masa liburan," kata Tri Arief Praharanto.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom