Kategori: Kudus

15 Rumah Tak layak Huni Masuk Perbaikan Kodim 0722/Kudus


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, KUDUS -- Kodim 0722/Kudus menargetkan selama tahun 2021 bisa memperbaiki 15 rumah warga yang tergolong tidak layak huni menjadi layak huni.

"Bedah rumah tersebut bukan sekadar memberikan bantuan uang, melainkan kami yang bertanggung jawab dalam pembangunan dari awal hingga bisa ditempati," kata Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol (Kav) Indarto di Kudus, seperti dikutip Antara, Jumat (23/4/2021).

Penerima manfaat tidak perlu mengeluarkan biaya tukang maupun pengadaan material bangunan, karena ditanggung semuanya. Bahkan, dimungkinkan untuk bantuan perabot rumah tangga, seperti kasur ketika memang tidak memiliki tempat tidur yang layak.

Baca Juga : 2.417 Penunggak Sewa Kios Di Pasar Kliwon Kudus Siap-Siap Dicabut Izinnya

Pada tahun sebelumnya, Kodim 0722/Kudus sudah melaksanakan perbaikan enam rumah yang merupakan hasil kerja sama dengan Sukun Kudus. "Kalaupun anggaran untuk setiap unit rumah membengkak, kami akan mengupayakan tambahannya," ujarnya.

Pengalaman sebelumnya, anggaran yang dibutuhkan dalam perbaikan rumah memang berbeda-beda untuk setiap unit karena disesuaikan kondisi kerusakan rumahnya. Terkadang ada yang dibongkar total dan harus dibangun dari awal dan ada pula hanya perbaikan sebagian.

Untuk usulan perbaikan rumah yang masuk melalui masing-masing koramil saat ini mencapai 120-an permohonan. Dandim berharap melalui program bedah rumah tersebut bisa ikut meringankan warga kurang mampu dalam penyediaan tempat tinggal yang layak.

Share
Dipublikasikan oleh
Alvari Kunto Prabowo