SOLOPOS.COM - Ilustrasi kursi jabatan (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 15 pelamar jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten dinyatakan gugur setelah digelar tahapan presentasi dan wawancara awal pekan lalu.

Sebaliknya, sembilan aparatur sipil negara (ASN) berpeluang menduduki kursi pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Inspektorat, Sekretariat Dewan (Setwan), dan Dinas Pendidikan (Disdik).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data yang dihimpun , panitia seleksi (pansel) pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama Kabupaten Klaten sudah mengumumkan pendaftaran seleksi terbuka, beberapa waktu lalu.

Pengumuman pansel itu sesuai dengan surat bernomor 01/Pansel/IX/2019 tentang Seleksi Terbuka. Terdapat tiga kursi kepala OPD yang dibuka, yakni Inspektorat, Setwan, dan Disdik. Total pelamar di tiga OPD tersebut mencapai 24 orang.

Jumlah pelamar di Inspektorat mencapai 10 orang. Masing-masing, Agus Prihanto, Darius Mahendra Candra, Gunarwan, Jajang Prihono, Joko Haryoko, Joko Suwanto, Luciana Rina Damayanti, Retno Purwanti, Rosalina Pandin, dan Sapto Mujono.

Pelamar kepala Setwan mencapai delapan orang, yakni Agus Setyawan, Anang Widjatmoko, Endang H.S., Joko Hendrawan, Joko Triyanto, Supriyono, Wahyu Hariadi, dan Widayatno.

Sedangkan pelamar kepala Disdik mencapai enam orang, yakni Dionisus Pramuaji, Rabiman, Sudaryono, Sugiarto, Wahyu Sugiharjo, dan Wardani Sugiyanto.

“Saat ini, sudah mengerucut tiga nama di masing-masing OPD. Sehingga jumlahnya tinggal sembilan orang [dari 24 orang]. Nama-nama peraih tiga besar di setiap OPD itulah yang disampaikan ke pejabat pembina kepegawaian (PPK). Dari PPK akan dimintakan rekomendasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Pelatihan Pendidikan Daerah (BKPPD) Klaten, Slamet, Selasa (29/10/2019).

Disinggung siapa nama-nama yang layak dimintakan rekomendasikan ke KASN, Slamet berdalih tak begitu hafal. Terlepas dari nama-nama yang disampaikan ke KASN melalui PPK, tahapan seleksi administrasi, seleksi wawancara, dan penelusuran rekam jejak terhadap seluruh pelamar eselon II sudah rampung.

“Awal November, PPK akan mengirimkan hasil tiga besar ke KASN. Harapannya, pelamar yang terpilih menduduki kursi pimpinan di tiga OPD itu sudah bisa dilantik secepatnya. Paling tidak, akhir tahun ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya