Kategori: Wonogiri

15 Menit Pusaran Puting Beliung di WGM Wonogiri Bikin Panik


Solopos.com/Aris Munandar

Solopos.com, WONOGIRI – Pusaran angin puting beliung di perairan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Rabu (20/1/2021) sore menjadi perhatian publik. Fenomena alam itu terjadi di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri.

Kepala Desa Sendang, Sukamto, mengatakan, angin tersebut muncul sekitar pukul 15.30 WIB.

Pusaran angin beliung di tengah WGM Wonogiri itu sempat membuat warga panik. Fenomena alam itu muncul sebelum hujan deras mengguyur kawasan Wonogiri.

"Fenomena itu terjadi sebelum hujan. Pusaran itu berlangsung sekitar 15 menit," kata dia kepada wartawan, Rabu.

Baca juga: Puting Beliung Muncul di WGM Wonogiri

Sukamto mengatakan, pusaran angin itu hanya terjadi di perairan WGM, tepatnya di dekat karamba. Sehingga kawasan permukiman warga tidak terdampak.

Sementara itu, Camat Wonogiri Kota, Joko Purwidiyatmo, juga membenarkan munculnya puting beliung di WGM. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung mengecek ke lokasi.

"Alhamdulillah tidak ke permukiman warga, aman. Saat ini cuacanya ekstrim. Kami harap masyarakat tetap waspada," kata Joko.

Baca juga: Syekh Ali Jaber Punya 3 Istri? Ini Penjelasan Keluarga

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, pusaran angin tersebut terekam dalam sejumlah video viral di media sosial. Beberapa warga yang merekam video fenomena alam tersebut tampak panik dan heboh. Mereka menyebut nama Allah dan kalimat tahlil "Lailahailallah".

Selain itu juga ada video seorang nelayan yang sedang mencari ikan dan segera menjauh ketika melihat puting beliung muncul di WGM Wonogiri.

Share